MENINGKATKAN LITERASI SERTA MENYATUKAN PERBEDAAN LEWAT KEBERSAMAAN di SD Negeri 044852 BUKIT

Putri Simamora, Yessy Oktavianna, Nenni Triana Sinaga

Abstract


Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa, dimasa mendatang dan tidak dapat dipungkiri masa depan akan sangat ditentukan oleh generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa itu sendiri. Jika selama proses pendidikan berlangsung tidak terjadi perubahan dalam hal tingkah laku peserta didik, maka pendidikan itu bisa dikatakan gagal, sehingga diperlukan strategi pembelajarannya dengan teknologi pendidikan. Penerapan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran dimaksudkan agar belajar lebih efektif, efisien, bermakna bagi kehidupan. Namun disisi lain sebuah sistem pendidikan perlu melakukan penyesuaian dengan lingkungan, karena lingkungan mengandung sejumlah kendala bagi bekerjanya sistem (misalnya: keterbatasan sumber daya). Kampus Mengajar adalah bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang melibatkan mahasiswa di setiap kampus dari berbagai latar baik pendidikan maupun non pedidikan guna membantu proses belajar mengajar di sekolah, khususnya pada jenjang SD dan juga SMP yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar serta mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Tujuan kegiatan ini ialah menanamkan rasa empati mahasiswa; mengembangkan wawasan, karakter dan skill mahasiswa; serta mengasah keterampilan berfikir mahasiswa. Rencana program dan kegiatan yang dilakukan secara garis besar ialah kegiatan mengajar (Literasi dan Numerasi), membantu adaptasi teknologi, dan juga membantu administrasi. Proses persiapan dan pelaksanaan program meliputi: pembekalan, penerjunan, observasi serta perencanaan program. Kata kunci: Kampus Merdeka, Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Full Text:

PDF

References


Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI, 2(1), 55–61.

Aprilia, L., Susilowati, T., & Maret, U. S. (n.d.). Penanganan Perbedaan Individual Dalam Proses Pembelajaran Stenografi.

Article, H. (2021). PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA INSTITUT PENDIDIKAN NUSANTARA, 2(1), 1–8.

Kadek, N., Widiantari, K., & Suparta, I. N. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika, 10(2), 331–343.

Ninik, M., & Rejeki, S. (n.d.). Perbedaan Budaya dan Adaptasi Antarbudaya dalam Relasi Kemitraan, 167–177.

Perkuliahan, D., Di, O., & Pandemi, M. (2020). Teknologi pendidikan sebagai pelaksanaan sistem informasi dalam perkuliahan online di masa pandemi covid-19.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 1(1), 1–3.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., Irawati, T. N., Studi, P., Matematika, P., Jember, U. I., Kaliwates, K., et al. (n.d.). DI MASA PANDEMI COV-19, (101), 253–261.

Tarbiyah, M. F., Uin, K., Makassar, A., No, S. A., & Email, S. G. (n.d.). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita, 233–245.

Widad, Z. El, & Bakar, M. Y. A. (2021). Wajah Baru Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi dan Analisis Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi, (1), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i2.3631

Article Metrics

Abstract views : 76 times | PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter