Penerapan Analisis BMC (Bisnis Model Canvas) pada BUMDes Lembah Hijau Anreapi Desa Pappandangan Kecamatan Anreapi

Abdul Malik, Achmad Dwisetyo P.L, Ayu Rahayu, Sulihin Azis, Nukia Nurkarim

Abstract


Pengembangan potensi usaha BUMDes di Desa Pappandangan membutuhkan partisipasi masyarakat mengenai unit usaha yang akan di kembangkan  oleh BUMDes lembah hijau anreapi  kedepannya dalam seluruh tahapan pengembangan dimulai dari perecanaan, pelaksanaan maupun pengawasan. Unit usaha BUMDes bertujuan untuk melakukan pengembangan dan perencanaan melalui Analisis usaha Bisnis Model Canvas ini yang akan membantu pengelola BUMDes untuk memanajemen starategi unit usaha yang akan di kembangkan yaitu unit usaha wisata alam sarung allo, unit usaha selai durian, unit usaha tradisional  food (lammang), unit usaha agrowisata, dan unit usaha kerajinan tangan (kayu dan rotan).Terkait  perencanaan  dan pengembagan unit usaha BUMDes akan dikaji  lebih lanjut di desa pappandagan Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar.Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi lapangan, sedangkan metode yang dilakukan yaitu bagimana  mengetahui  rancangan  model bisnis yang tepat untuk unit usaha BUMDes  dalam mengembangkan usahanya menggunakan pendekatan bisnis model canvas. Hasil dari potensi BUMDes  ini mengacu pada kesiapan desa,baik dari masyarakatnya maupun dari pemerintah desa dalam mewujudkan pemulihan ekonomi Desa.Strategi pengembangan BUMDes  yang akan diterapkan  yaitu  peningkatan kesadaran masyarakat terkait BUMDes dan Pengembangan BUMDes ini sangat diharapkan dapat membantu desa dari segi pendapatan desa maupun ekonomi masyarakat, agar masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari pendapatan asli  desa.


Keywords


BMC, BUMDes Lembah Hijau Pappandangan,Desa Pappandangan

Full Text:

PDF

References


Prawijaya, A., Harahap, R. H., & Revida, E. (2022). Strategi Bisnis Business Model

Canvas pada Bumdes-Mart Berkah. PERSPEKTIF, 11(1), 169-178.

Peraaturan Mentri Desa, Pembangunaan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 4

Tahun 2015 Tengatang Badan Usaha Milik Desa.

Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-

undang No 6 Tahun 2014 Tengtang Desa.

pemerintah No 11 tahun 2021 Tengatang Badan Usaha Milik Desa.

HUZAENI, F. PENGEMBANGAN BISNIS BUMDES PANYOCOKAN DENGAN METODE

BUSINESS MODEL CANVAS.

Herawati, N., Lindriati, T., & Suryaningrat, I. B. (2019). Penerapan bisnis model kanvas dalam penentuan rencana manajemen usaha kedelai edamame goreng. Jurnal Agroteknologi, 13(01), 42-51.

Sentosa, I. Usman, B.,, & Nurrahmi, F. (2021). Structural equation modeling of internet of things (IoT) adoption for Indonesian Village-Owned Enterprises (BUMDes). Informasi, 51(1), 169-194.

Oktapriandi, D., Purnomo, M. R. A., & Parkhan, A. (2017). Analisis pengembangan model bisnis pada industri animasi menggunakan business model canvas yang terbatasi biaya. Teknoin, 23(3), 195-210.

Indrabayu, I., Ilham, A. A., Areni, I. S., Bustamin, A., Oemar, M. A. F. I., & Sidehabi, S. W. (2021). Sosialisasi Rekondisi UMKM di Kelurahan Borongloe Kabupaten Gowa dengan Teknologi Informasi dan BMC di Era Pandemi Covid 19. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 10-14.

ZULFI, I. P. (2021). ANALISA BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA INDUSTRI PENGOLAHAN KERIPIK NENAS DI DESA KUALU NENAS (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i3.3683

Article Metrics

Abstract views : 145 times | PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter