PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK MELALUI APLIKASI ANIMAKER
Abstract
Kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran melalui aplikasi Animaker merupakan respon terhadap kebutuhan peningkatan keterampilan guru dalam rangka pengembangan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dengan harapan mampu untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Metode pelatihan dilakukan dengan pendekatan klasikal tatap muka secara langsung. Tujuan dilaksanakannya pelatihan bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan guru terhadap pengembangan media pembelajaran aplikasi animaker serta mampu mengembangkannya secara mandiri. Hasil pelatihan didapatkan data bahwa Guru memperoleh pengetahuan baru terkait pembuatan media pembelajaran berbasis TIK dengan aplikasi Aniamker, mampu membuat media pembelajaran berbasis IT, serta mampu untuk berkreasi dalam rangka berinovasi dalam membuat Video maupun media ajar lainnya. Secara keseluruhan respon guru dikedua sekolah antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan hingga akhir pelaksanaan dan berharap ada bekerlanjutan untuk kegiatan berikutnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol 1 No 2a pp 28-37.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, Vol 8 No 2 pp 145-167.
Dewi, I. H. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, Vol 2 No 2 pp 48-53.
Hamdanah Said, M. I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pare-Pare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Japar, D. N. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.
Purwaningrum, L. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat Dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol 4 No 1 PP 244-250.
Purwaningrum, L. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Selama Pandemi Covid-19. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 5 No 2 pp 155-162.
Shalikhah, A. P. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Media Informasi dan Komunikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 20 No 1 pp 9-16.
Syahroni, F. E. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, Vol 4 No 3 pp 170-178.
Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol 4 No 2, 96–105.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3829
Article Metrics
Abstract views : 209 times | PDF - 46 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.