PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK MELALUI APLIKASI ANIMAKER

Abdul Gofur, Muzakki Muzakki, Slamet Riyadi, Maulida Dwi L

Abstract


Kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran melalui aplikasi Animaker merupakan respon terhadap kebutuhan peningkatan keterampilan guru dalam rangka pengembangan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Dengan harapan mampu untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa. Metode pelatihan dilakukan dengan pendekatan klasikal tatap muka secara langsung. Tujuan dilaksanakannya pelatihan bertujuan untuk membuka wawasan dan pengetahuan guru terhadap pengembangan media pembelajaran aplikasi animaker serta mampu mengembangkannya secara mandiri. Hasil pelatihan didapatkan data bahwa Guru  memperoleh  pengetahuan  baru  terkait  pembuatan  media pembelajaran berbasis TIK dengan aplikasi Aniamker, mampu  membuat  media pembelajaran berbasis IT, serta mampu untuk berkreasi dalam rangka berinovasi dalam membuat Video maupun media ajar lainnya. Secara keseluruhan respon guru dikedua sekolah antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan hingga akhir pelaksanaan dan berharap ada bekerlanjutan untuk kegiatan berikutnya.

 


Keywords


Media, Learning, Teachers, Innovation

Full Text:

PDF

References


Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol 1 No 2a pp 28-37.

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, Vol 8 No 2 pp 145-167.

Dewi, I. H. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, Vol 2 No 2 pp 48-53.

Hamdanah Said, M. I. (2019). Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pare-Pare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Japar, D. N. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. Surabaya: Jakad Publishing Surabaya.

Purwaningrum, L. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Pada Materi Luas Daerah Belah Ketupat Dengan Pendekatan Luas Daerah Segitiga. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol 4 No 1 PP 244-250.

Purwaningrum, L. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Animaker Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Selama Pandemi Covid-19. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 5 No 2 pp 155-162.

Shalikhah, A. P. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Media Informasi dan Komunikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 20 No 1 pp 9-16.

Syahroni, F. E. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, Vol 4 No 3 pp 170-178.

Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Vol 4 No 2, 96–105.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3829

Article Metrics

Abstract views : 235 times | PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter