PEMBERDAYAAN WANITA LANSIA DESA ARJOSARI MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH KAIN PERCA MENJADI PELUANG USAHA

Aco parawansah, patmawati patmawati, Masnur Masnur, Mardiana Mardiana

Abstract


Lansia adalah seseorang yang telah berusia di atas 60 tahun dan tidak berdaya mencari nafkah sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari (Ratnawati, 2017). Usia lanjut ditandai dengan penurunan produktivitas kerja dan dihadapkan pada berbagai kebutuhan yang semakin meningkat seperti kebutuhan akan makanan yang bergizi seimbang, pemeriksaan kesehatan secara rutin, kebutuhan sosial, rekreasi dan menjadi tanggungan anggota keluarga (Suardiman, 2011). Memberdayakan wanita lansia merupakan salah satu upaya membantu mereka memiliki aktivitas yang dapat memunculkan peluang usaha yang ringan mereka kerjakan, seperti memanfaatkan limbah kain perca menjadi produk berupa keset. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan emosional dalam bentuk dampingan secara langsung di lapangan, dengan itu pelatihan pemanfaatan limbah kain perca dilaksanakan di sekretariat karang taruna sabanusa Desa Arjosari.. Dalam hal ini dimulai dengan survei lapangan, sosialisasi program, pemberian motivasi, demonstrasi dan tutorial pembuatan produk, praktek dan evaluasi. Pelatihan pemanfaatan limbah kain perca bermanfaat untuk memberdayakan wanita lansia demi mengoptimalkan kain perca menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan peluang usaha

Keywords


Pemberdayaan, lansia; limbah kain perca; dan peluang usaha;

Full Text:

PDF

References


Anismadiyah, V., Putranto, I., Rahman, A. S., Noviyanti, I., & Dewi, I. K. (2020). Pemanfaatan Kain Perca sebagai aksesoris Motif Hiasan pada Pakaian dan Tas sebagai bentuk Peluang Usaha. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 1(1), 1-6.

Irawan, D., Hendarti, D. R., & Bisono, R. M. (2021). Optimalisasi Limbah Kain Perca Sebagai Kerajinan Keset Kelompok Pkk Di Desa Ngade Kanigoro Blitar. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 334-343.

Munir, M. M., & Thoyyibah, D. (2021). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Bagi Ormas PKK Desa Bugel. Abdimas Singkerru, 1(2), 134-140.

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Pemanfaatan Limbah Kain Perca untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika bagi Guru SD. Jurnal SOLMA, 09(1), 167–175.

Purnengsih, I., Andrijanto, M. S., & Rosida, I. (2018). Menggugah Kreativitas Seni Ibu-Ibu PKK melalui Seni Lukis pada Jilbab dalam Rangka Pelestarian Seni. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 244.

Ratnawati, E. 2017. Asuhan Keperawatan Gerontik.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Rosdiana, A., Dian Yulistianti, H., Nor Laila, A., & Kunci, K. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Kain Perca sebagai APE Pillow Doll Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Di Kuwasen Jepara. Jdc, 2(1), 1–7.

Suardiman, S. P. 2011. Psikologi usia lanjut. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Suryawati, N., Don, M. D., Peka, Y. W., PH, I. F., Pratama, J., & Boedi, T. W. (2020). Pemberdayaan Wanita Lanjut Usia Yang Produktif Melalui Kegiatan Pelatihan Kerajinan Tangan Yang Bernilai Ekonomis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(1), 18-24.

Susilo, R. (2020). Pemanfaatan limbah kain perca untuk pembuatan furnitur. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain, 1(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i1.3883

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter