PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT DI TK PERTIWI SALEPPA MAJENE

Asdar Asdar, Abdul Latif, Ayu Rahayu

Abstract


Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan bentuk pendidikan prasekolah yang memberikan program pendidikan dini untuk mempersiapkan anak memasuki pendidikan Sekolah Dasar. Salah cara yang dapat diterapkan adalah memberikan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif. Untuk itu dibutuhkan keterampilan khusus bagi para guru TK untuk dapat membuat media pembelajaran interaktif dan menarik seperti media Power Point. Sekolah Tingkat Kanak-kanak yang menjadi mitra dalam pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah TK Pertiwi Saleppa Majene. TK ini memiliki guru berstatus PNS sebanyak 6 orang dan non-PNS sebanyak 2 orang. Dengan demikian, jumlah peserta pada saat workshop paling sedikit 8 orang. TK ini berlokasi di Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Metode yang akan digunakan dalam PkM ini adalah Forum Group Discussion (FGD) ceramah, pelatihan dan pendampingan. Tahap pelaksanaan PkM meliputi (1) koordinasi dan analisis kebutuhan usulan, (2) membuat media power point, (3) pelatihan penggunaan media power point, (4) pendampingan di kelas penggunaan media power point, (5) evaluasi dan (6) pelaporan pelaksanaan kegiatan.


Keywords


Media Power Point, Anak Usia Dini, TK Pertiwi Saleppa Majene

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41-46.

Basri, B., Rahayu, A., Rahmadani, F. S., Wulandari, E., Yasmun, A. N., & Akbar, A. (2023). Peningkatan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Pada Program Kampus Mengajar Di Smp Negeri 6 Polewali. SipissangngI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 94-103.

Dini, P. I. A. U. (2022). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktifuntuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876-885.

Gunawan, K. G. W. I. P., & Wendra, I. W. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Teks Ulasan di Kelas VIII 10 SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Keterapian Fisik, 2(2), 1689–1699

Jauhari, M. I. (2018). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Journal PIWULANG, 1(1), 54. https://doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.155

Karwati, E dan Priansa, D. (2014). Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta

Lisa, J. L., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Analisis Interaksi Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Vii Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 270–282. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6782

Malik, A. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Proses Belajar Mengajar pada SMP Negeri 3 Sindue). INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168–173

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Ropiani, M. (2018). Komunikasi Interpersonal Tenaga Pendidik Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Pada Mis Assalam Martapura Dan Min Sungai Sipai Kabupaten Banjar. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1(2), 110. https://doi.org/10.23971/njppi.v1i2.907

Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam media pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 96–105.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wardaya, Cep Unang & Sumartini, Tini. (2016). Media dan sumber belajar di TK. Bandung: PPPPK TK dan PLB.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i3.4734

Article Metrics

Abstract views : 144 times | PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter