PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KOTAK DADU LINUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI

St. Maria Ulfah, Herlina Ahmad, Abdul Latif, Syamsuddin Syamsuddin, Asdar Asdar, Nurainun Nurainun, Sulaimana Sulaimana

Abstract


Masalah yang ditemukan oleh tim PkM dosen di SMK Mega Link Majene yakni guru dalam memberi soal di kelas belum memperhatikan indikator AKM, sehingga siswa belum terbiasa dengan soal-soal AKM. Hal ini mengakibatkan rendahnya nilai rata-rata AKM siswa Hal ini berarti kemampuan literasi dan numerasi masih membutuhkan cara dalam peningkatannya. Berdasarkan hal tersebut tim PkM memutuskan untuk melakukan pengabdian dengan melakukan pelatihan dan pendampingan guru dalam penggunaan alat peraga kotak dadu linus untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SMK Mega Link Majene. Alat peraga ini dirancang untuk membantu guru dalam melakukan pembelajaran di kelas dengan cara melakukan permainan dalam mengerjakan soal-soal sesuai indikator soal AKM. Sehingga siswa tidak merasa sedang melakukan aktivitas pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu alternatif upaya dalam nilai AKM Kelas untuk memenuhi nilai standar. Setelah melakukan PkM diperoleh kesimpulan yaitu (1) terjadi peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SMK Mega Link Majene (2) terjadi peningkatan keterampilan pembuatan alat peraga bagi Guru SMK Mega Link Majene. 


Keywords


alat peraga, literasi, numerasi, siswa, guru, AKM

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kodama dalam Mengerjakan Soal Matematika. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 13(2), 118-132.

Ahmad, H., Syah, A., & Elviana, E. (2021). PKM-PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MI DDI PASSEMBARANG DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PABEL GAMES. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 19-25.

Ahmad, H., Nurdefi, N., Yeyen, Y., Muchtar, T., Syamsuddin, S., & Latif, A. (2022). PkM-Pelatihan Microsoft Office Excel sebagai Media Pembelajaran Statistika pada Guru Matematika. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-17.

Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518-7525.

Farihah, H. (2017). Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bermain stick angka. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1-19.

Hidayati, V. R., Wardani, K. S. K., Anar, A. P., Hasnawati, H., & Maulyda, M. A. (2022). KENDALA PEMBELAJARAN NUMERASI DI MASA PANDEMI DAN TANTANGAN GURU DALAM MENGHADAPINYA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3).

Jepri, J., Ahmad, H., & Reskiah, R. (2022, May). Efektivitas Alat Peraga Logika Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 01 Sumarorong. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 4, No. 1, pp. 317-324).

Latif, A., & Ahmad, H. (2021). PkM-Peningkatan Kompetensi Guru SMK Mega Link Majene dalam Menggunakan Aplikasi Quizizz sebagai Media Assessment Pembelajaran. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 28-32.

Melti, L., Tone, K., & Ahmad, H. (2020). Pengaruh Alat Peraga Sister Sari Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 4 Polewali. Journal Peqguruang, 2(1), 20-25.

Nurjanah, N. (2018). Model hubungan literasi fungsional, literasi informasi, numerasi, nilai kerja, pemecahan masalah, dan kreativitas dengan bidang keahlian siswa SMK di Malang Raya (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Pangaribuan, L. R., Manalu, R. S., Situmorang, T. L., Purba, R. I., Sidabutar, N. I., Situmorang, L. S., & Sinaga, D. M. (2023). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SMK Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1501-1505.

Tout, D. (2020). Evolution of adult numeracy from quantitative literacy to numeracy: Lessons learned from international assessments. International Review of Education, 66(2), 183-209.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.

Syamsuddin, S., Tahir, A., Ahmad, H., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2020). PKM-MGMP Matematika SMK Kabupaten Majene Pelatihan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 11).

Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika di Era Pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331-343.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i3.4759

Article Metrics

Abstract views : 184 times | PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter