PERANCANGAN VIDEO PROFILE POTENSI DESA SATANETEAN, KECAMATAN SESENAPADANG, KABUPATEN MAMASA

Basri Basri, Yustika P.M Yustika P.M, Melky Predyono, Novia Yanti Y Novia Yanti Y

Abstract


Pandemi Covid-19 telah mengubah cara kita berinteraksi dan berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat. Pada tahun 2020, Universitas Al-Asyariah Mandar menghadapi tantangan besar untuk menjalankan KKN selama pandemi. Dalam upaya untuk tetap memberikan manfaat kepada masyarakat setempat, mahasiswa KKN Multimatik menciptakan produk-produk inovatif yang tak hanya bermanfaat, tetapi juga mengedukasi. Dalam konteks ini, tim KKN Multimatik memutuskan untuk mengambil langkah kreatif dengan merancang sebuah film dokumenter docudrama yang memperkenalkan potensi tak tergali dari Desa Satanetean, yang terletak di kecamatan Sesenapadang, Kabupaten Mamasa. Desa ini dipenuhi dengan berbagai kekayaan alam dan budaya yang sayangnya belum banyak yang mengetahuinya. Kurangnya promosi telah membuat desa ini tersembunyi dari perhatian dunia. Luaran kegiatan ini sebagai sebuah upaya untuk merekam dan membagikan pesona dan potensi unik yang dimiliki oleh Desa Satanetean kepada masyarakat luas melalui media audio visual yang efektif. Media ini mampu menyampaikan pesan dengan cara yang menarik, melalui gambar dan suara yang memukau, sehingga dapat memikat target audience. Pendekatan docudrama dipilih untuk memberikan sentuhan artistik pada presentasi potensi desa ini. Melalui metode ini, diharapkan bahwa kita dapat membuka mata dunia pada keindahan tersembunyi di Desa Satanetean dan menginspirasi masyarakat luas untuk menjelajahi dan mendukung pengembangan desa ini.


Keywords


Video profile; Potensi; Desa Satanetean; docudrama;

Full Text:

PDF

References


Atmoko, T. P. H. (2014). Strategi pengembangan potensi desa wisata Brajan kabupaten Sleman. Media Wisata, 12(2).

Basri, B., & Sukmawati, S. (2021). Program Kkn Multimatik sebagai Solusi Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipissangngi, 1(1), 1-6.

Halim, S. P., Ardianto, D. T., & Srisanto, E. (2014). Perancangan Video Profile Potensi Wisata Kabupaten Pati. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Meiji, N. H. P., Fahmi, R. T., Purwasih, J. H. G., & Widianto, A. A. (2021). Pengembangan Aspek Pariwisata Sumberejo Melalui Pembuatan Dan Pelatihan Video Profil. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 4(1), 30-35.

Wardhani, M. I., & Prasetyo, M. A. W. (2022). Penggunaan action script pada video profil desa kedunggede. Technomedia Journal, 7(2 October), 136-147.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/sipissangngi.v3i3.4776

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks



Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter