DESAIN EKSTERIOR PADA TK ISLAM NAHDHATUL ULAMA PALANGKA RAYA
Abstract
Kegiatan ini merupakan pengabdian pada masyarakat dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Palangka Raya yang berlansung di TK Islam Nahdhatul Ulama, Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pada kondisi sekarang ini keadaan bangunan di TK Islam Nahdhatul Ulama sudah cukup baik namun lingkungan yang cukup luas tidak dimanfaatkan untuk membuat permaianan. Guru mengusulkan untuk merenovasi lingkungan diluar luar ruangan untuk menambahkan beberapa permainan bagi anak-anak. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu guru untuk melakukan renovasi diluar ruangan sebagai acuan pengembangan stimulasi pada anak. Tahapan metode yang digunakan adalah dengan pengumpulan data yang meliputi bedah kelas, perilaku pengguna dan aktivitas serta jenis-jenis perabot yang mendukung. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 1 bulan. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah desain eksterior dengan membuat beberapa permainan pada lingkungan diluar ruangan kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5678
Muslihin, H. Y. (2020). Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini? Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390
Widyastuti, D. T., Nasirun, & Yulidesni. (2021). Studi Upaya Guru Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Kasar Anak. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 18–25.
Baskara, M. (2011). Design Control Principles of Children Playground in Public Space. Jurnal Lanskap Indonesia, 3(1), 27–34. Diambil dari http://medha.lecture.ub.ac.id/2012/02/prinsip-pengendalian-perancangan-taman-bermain-anak-di-ruang-publik-design-control-principles-of-children-playground-in-public-space/
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Fadlillah, M., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (2022). Desain Playground Budaya sebagai Media untuk Menanamkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3361–3368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2380
Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–26. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16202/12654
Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Baskara, M. (2011). Design Control Principles of Children Playground in Public Space. Jurnal Lanskap Indonesia, 3(1), 27–34.
Cayadi, M., Ardianto, D. T., & Erandaru. (2013). Perancangan Promosi Playground Outdoor “Karya Toy’s Collection,” 1–12.
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Fadlillah, M., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (2022). Desain Playground Budaya sebagai Media untuk Menanamkan Cinta Tanah Air pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3361–3368. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2380
Febrina, S., & Honggowidjaja, S. p. (2019). Perancangan Interior Café Game di Surabaya. Intra, 7(1), 16–20.
Firdaus, W., Refianto, R., & Heru, W. (2020). Abstrak, 7(3), 6204–6215.
Hazriyanti, & Nasriah. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Perwanis Medan T.A 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 20–26.
Nurjani, Y. Y., & Jubaedah, E. (2020). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Sondah Bagi Anak Usia Dini. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1557
Sayekti, C. N. P. (2017). Perancangan Interior Sekolah Luar Biasa-C (Tuna Grahita) Sukapura, Bandung Interior Design of Special School-C (Intellectual Disability) Sukapura, Bandung, 4(3), 1373–1380.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i1.4794
Article Metrics
Abstract views : 213 times | PDF - 54 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.