PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA NEPO: PERAN LUBANG BIOPORI DALAM SOLUSI BERKELANJUTAN.

Asri Asri, Muh Fajri DJ

Abstract


Di Kabupaten Polewali Mandar sampai saat ini sampah menjadi masalah utama salah satunya di Kecamatan Wonomulyo di Desa Nepo karena pengelolaan sampah di Desa ini masih kurang efektif minimnya kesadaran masyarakat untuk memilah dan mengelola sampah dengan benar,sehingga sebagian besar sampah masih berakhir ditempat pembuangan akhir. Dalam penanganan sampah rumah tangga, mayoritas warga Desa Nepo masih mengandalkan dengan membuang sampah yang ditimbun kemudian dibakar. Membakar sampah menjadi solusi yang tepat sejauh ini yang dilakukan masyarakat Desa Nepo. Pada sosialisasi ini masyarakat juga langsung dikenalkan dengan lubang biopori oleh Mahasiswa Praktek Belajar Lapangan (PBL) sebagai salah satu solusi dalam mengatasi sampah organik di Desa Nepo. Lubang resapan biopori diharapkan dapat memberikan manfaat ekologi dan ekonomi masyarakat bagi masyarakat desa Nepo. Manfaat lubang resapan biopori secara ekologi dapat mencegah banjir, sebagai tempat pembuangan sampah organik, menyuburkan tanah, dan meningkatkan kualitas air tanah. Pasca PBL II, enam bulan kemudian dilakukan PBL III yaitu melakukan evaluasi dan monitoring untuk mengukur tingkat keberhasilan hasil intervensi. Setelah Mahasiswa PBL mengamati, lokasi penanaman biopori di lahan kantor Desa Nepo. Hasil dari sampah organik yang telah dimasukkan ke dalam lubang resapan biopori telah terurai, dan hasilnya telah digunakan sebagai pupuk organik oleh masyarakat Desa Nepo.



Keywords


biopori,ekologi,sampah organik

Full Text:

PDF

References


Baguna, F. L,Tamnge,F., & Tamrin, M, (2021). Pembuatan Lubang Resapan Biopori (Lrb) Sebagai Upaya Edukasi Lingkungan.

Kurmawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131-136.

Harun,H. (2017). Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Masyarakat Dalam Proses Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Rw 06 Desa Hegarmanah. Dharmakarya, 6(2).

Mahyuddin, R.P. (2014). “Strategi pengelolaan sampah berkelanjutan.” EnviroScirnteae, 10(1),33-40

McDougall F, White P, Franke M and Hindle P . 2001. Intergrated Solid wase Management: Life Cycle Inventory Second Edition. Blackwell Publishing Company. Malden USA.

Peraturan Menteri Kehutanan 2008 Nomor P.70/Menhut II/2008 Tentang pedoman Teknis Rehabilitasi Hutan dan Lahan).

Sanitya, R., & Burhanuddin, H. (2013). Penentuan Lokasi dan Jumlah Lubang Resapan Biopori Di Kawasan Das Cikapundung Bagian Tengah. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 13 (1), 124504.

Setiawan, E., Herawati, N., Nisa, K., Saidi, S., & Ruby, T. (2023). LUBANG BIOPORI: SOLUSI BERKELANJUTAN DALAM MENGELOLA SAMPAH ORGANIK DI DESA NEGERI NGARIP. BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(2), 118-125.

Sutandi, M. C., Husada, G., Tjandrapuspa, K., Rahmat, D., & SSoSanto, T. (2013). Penggunaan Lubang Resapan Biopori untuk Minimalisasi Dampak Bahaya Banjir pada Kecamatan Sujajadi Kelurahan Sukawarna RW004 Bandung. Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7), 978-979.

Wibisono & Dewi (2014). Sosialisasi Bahaya Membuang Sampah Sembarangan dan Menentukan Lokasi TPA di Dusun Deles Desa Jagongan Kecamatan Ngablak Jurnal Inovsi dan Kewirausahaan Volume 3 No 1 Januari 2014.

Wibowo, T., Istiana, A., & Zakiyah, E. Z. E (2022). PEMBUATAN BIOPORI UNTUK RESAPAN AIR HUJAN DAN PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 387-392

Yohana, C., Griandini, D. and Muzambeq, S. (2017) ‘Penerapan Pembuatan Teknik Lubang Biopori Resapan Sebagai Upaya Pengendalian Banjir’. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1, No. 2, pp 296-308.

Yuniarti, T., Nurhayati., I., Putri, A.P & Fadhilah, N. (2020). Pengaruh pengetahuan kesehatan lingkungan terhadap pembuangan sampah sembarangan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 78-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i1.4989

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter