Pentingnya Pengajaran dan Pemahaman Hidup Sehat Pada Siswa Taman Kanak-Kanak

Levina Selly Christanto, Agnes Regina Susilo, Kevin Gunawan, Mariana Ing Malelak

Abstract


Periode penting dalam perkembangan manusia dimulai pada masa kanak-kanak. Pada masa ini, anak-anak harus mulai dikenalkan dengan kebiasaan dalam hidup yang baik. Kebiasaan tersebut adalah hidup sehat. Saat ini banyak anak-anak usia dini yang tidak suka makan sayur yang dimana sayur merupakan makanan sehat dengan banyak vitamin. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat di TK Santa Helena ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya hidup sehat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah interaktif dengan menggunakan beberapa alat permainan dan alat peraga. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan dengan baik dan menarik sehingga dapat menarik perhatian siswa-siswi TK Santa Helena dalam memahami materi yang dibawakan.


Keywords


Hidup Sehat; Sayur; Kebiasaan; Pengabdian Masyarakat; Siswa TK

Full Text:

PDF

References


Arifin, K., Febriananda, F., Satria, I. B., Natfi, A., & Yarni, L. (2023). Perkembangan Anak Usia Dini. http://jurnal.anfa.co.id

Intan, T., Hasanah, F., Wardiani, S. R., & Handayani, V. T. (2021). Peningkatan Kualitas Hidup Di Masa Pandemi Covid-19 dengan Penerapan Pola Hidup Sehat. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i1.834

Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Kemenkes RI. (2022). Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayur. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1593/manfaat-mengkonsumsi-buah-dan-sayur

Lastiana, V., & Mayra, Z. (2024). Penyiapan Menu Makanan Bergizi Seimbang dan Pembiasaan Pola Hidup Sehat di TK Islam Al Iman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11841-11858.

Putri, A. D. P., Fatmawati, I., & Rozalina, I. (2022). Pengetahuan sayur dan buah pada anak sekolah di Kecamatan Sawangan Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3).

Sari, C. F., & Agustina, D. (2023). 13. Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dalam Membangun Gaya Hidup Sehat Pada Proses Pembelajaran Sejak Dini Usia 9-11 Tahun SD Negeri 101765 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(02), 281-289.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini.

Syahroni, M. H. A., Astuti, N., Indrawati, V., & Ismawati, R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan anak usia prasekolah (4–6 Tahun) ditinjau dari capaian gizi seimbang. Jurnal Tata Boga, 10(1), 12-22.

Wulandari, Y., Apriyanti, L., Meiyansari, M., & Putri, Y. F. (2022). Parenting kesehatan diri dan lingkungan: Pentingnya gizi bagi perkembangan anak. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02 April), 64-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i1.5011

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter