PENDAMPINGAN PEMBUATAN PETA DESA WISATA SEBAGAI PROMOSI WISATA DI DESA PAPPANDANGAN

Abdul Malik, Chuduriah Sahabuddin, Naim Irmayani, UL Khairat, Muhammad Nasir

Abstract


Masalah yang dapat dirumuskan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang berjudul Pendampingan Pembuatan Peta desa wisata sebagai Promosi Desa Wisata adalah: bagaimana aparat desa dan masyarakat dapat memahami mekanisme pembuatan peta potensi Desa Pappandangan sehingga peta yang dihasilkan merupakan peta potensi desa spesifik wilayah yang menggambarkan potensi wisata dan fasilitasnya dengan rinci sehingga bisa menjadi promosi Desa Wisata yang berkelanjutan. Metode pelaksanaan program kegiatan pengabdian masyarakat di Desa pappandangan ini terdiri dari 5 tahapan kegiatan meliputi 1. Pengenalan kebutuhan 2.Perencanaan kegiatan 3.Pelaksanaan Kegiatan 4.Pemantauan kegiatan 5.Evaluasi kegiatan. Adapun hasil luaranya yaitu 1. Peta wisata Desa Pappandangan nantinya akan dapat dipergunakan sebagai penunjuk arah dari luar Desa Pappandangan ke tempat-tempat wisata yang terdapat Desa Pappandangan. 2. Dengan adanya peta wisata , memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang terdapat di Desa Pappandangan 3. kelompok Sadar Wisata di Desa Pappandangan semakin paham dan dapat mempraktekkan Promosi wisata dengan Sosial MediaPappandangan terkenal sebagai salah satu desa yang memiliki Sumber Daya Alam yang sampai saat ini masih terjaga panorama alamnya sebagai salah satu potensi kekakayaan alam di mana alam Pappandangan di jadikan tempat wisata di Kabupaten Polewali Mandar. Dengan adanya peta wisata didesa pappandangan dapat memberikan solusi terhadap informasi yang dibutuhkan wisatawan untuk membuat rencana wisata ke obyek wisata yang ada didesa pappandangan.


Keywords


Pendampingan, Peta Desa Wisata, Desa Pappandangan

Full Text:

PDF

References


Ferni Fera Ch. Wolah (2016) peranan promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di kabupaten pos.Jurnal Acta Diurna,Vol 5 no 2, hlm 1.

Putri, K. M., Subiyanto, S., & Suprayogi, A. (2017). Pembuatan Peta Wisata Digital 3 Dimensi Obyek Wisata Brown Canyon Secara Interaktif dengan Menggunakan Wahana Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Jurnal Geodesi Undip, 6(1), 84-92

Putri, Kemala Medika, Sawitri Subiyanto, and Andri Suprayogi. "Pembuatan Peta Wisata Digital 3 Dimensi Obyek Wisata Brown Canyon Secara Interaktif dengan Menggunakan Wahana Unmanned Aerial Vehicle (UAV)." Jurnal Geodesi Undip 6.1 (2017): 84-92.

Saputro, S. S. (2013). Perancangan Aplikasi Gis Pencarian Rute Terpendek Peta Wisata Di Kota Manado Berbasis Mobile Web Dengan Algoritma Dijkstra. Universitas Dian Nuswantoro.

Santoso MP, Rakhmadi A, Nugroho YS. Pembuatan Mobile Application Peta Wisata Berbasis Platform Android di Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tw, Wahyu Hadi Rumanto. "Aplikasi peta wisata Yogyakarta berbasis mobile." (2009).




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i1.5013

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter