MEMBANGUN JIWA CINTA ALAM DAN KEWIRAUSAHAAN BERSAMA ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN BARUGA MAJENE

Abdul Latif, Herlina Ahmad, Ardan Alwi, Monica Wulandari, Mursidah Mursidah, Hijrahtulk Madinah, Paramitha Paramitha, Rafidah Rafidah, Idza Sri Anugrah, Hutriana Windasari

Abstract


Jiwa cinta alam dan kewirausahaan sejak dini perlu di tingkatkan agar pada anak-anak, melalui kegiatan positif yang dihadirkan oleh lingkungan temapt tinggal. Hasil observasi yang dilakukan oleh tim diperoleh bahwa sebagian besar anak-anak di Lingkungan Baruga Majene sepulang sekolah hanya menghabiskan waktu dengan menggunakan gadget untuk bermain sosial media dan game. Anak-anak belum bijak dalam menggunakan internet sehingga lebih banyak mengakses hal-hal yang kurang bermanfaat dan berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Berdasarkan hal tersebut tim melakukan kegiatan yang fokus membangun cinta alam dan kewirausahaan bersama anak-anak di lingkungan baruga majene. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan diantaranya studi pendahuluan, perencanaan program, pengembanagn materi edukasi, implementasi program, dan evaluasi dan pembelajaran. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 13 anak yang berasal dari siswa SDN 36 Inpres Baruga kelas 4, 5, dan 6. Kegiatan yang dilakukan tim diantaranya meronce untuk membangun jiwa kewirausahaan, bakti sosial dengan masyarakat lingkungan baruga, lomba menggambar dengan tema alam, dan penanaman bibit sayur di Gunung Bura Padzan Baruga Majene. Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan tim dengan menggali respon mitra melalui kuesioner yang telah dibagikan secara umum diperoleh hasil yaitu anak-anak lingkungan baruga sangat senang dengan aktivitas meronce dan menanam sebab dapat membatu anak-anak lingkungan baruga untuk melakukan kegiatan positif, sehingga diharapkan dapat membangun jiwa cinta alam dan kewirausahaan. 


Keywords


anak, cinta alam, kewirausahaan, lingkungan baruga

Full Text:

PDF

References


Adri, J., Ambiyar, A., Refdinal, R., Giatman, M., & Azman, A. (2020). Perspektif Pendidikan Karakter Akhlak Mulia Pada Perubahan Tingkah Laku Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 170-181.

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun jiwa kewirausahaan di era milenial bagi mahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140-144.

Azzet, A. M. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., -, W., Yono, N., Sari, I. P., & Cholimah, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20–30.

Munawaroh, Munjiati., Rimiyati & Fajarwati. 2016. Kewirausahaan. Yogyakarta: Penerbit LP3M UMY.

Rezeki. H. T. 2016. Keterampilan Meronce Anak Kelompok B TK Gugus 2 Kecamtan Kokap. Universitas Negeri Yogyakarta: CV. Pustaka Setia.

Pratiwi, H. P., Riswanti, R., & Asih B. K. 2015. Hubungan Kegiatan Meronce dengan Peerkembangan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan, 2 (2), 16 – 18.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5056

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter