MALAQBI; MEMBENTUK GENERASI RELIGIOS YANG CINTA ALQUR’AN MELALUI BELAJAR ILMU TAJWID DI DESA NAPO

Ahmad Syah, Muhammad Assaibin, Alfiani AR, Amrullah Amrullah, Diah Nadila, Nur Aminah, Nurul Israwati, Zulfiki Hidayat

Abstract


Kesulitan dalam membaca Alqur’an dengan fasih, tepat dan benar masih sering dihadapi oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Seperti halnya pada salah satu wilayah Indonesia yaitu di Desa Napo masih perlu pembinaan dari segi Ilmu Tajwid. Pemahaman tajwid merupakan hal yang sangat penting dalam membaca Alquran, karena merupakan salah satu ilmu yang wajib diketahui oleh setiap muslim. Tujuan adanya pendalaman ilmu tajwid adalah agar supaya seluruh ummat Islam bisa membaca Alqur’an dengan fasih dan sesuai dengan bacaan yang diajarkan Rasulullah saw. dan para sahabatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari di Masjid Al Huda, Desa Napo. Tahap pertama adalah pelatihan tajwid yang dilaksanakan pada hari pertama dan kedua diikuti dengan lomba dan buka bersama pada hari ketiga. Setiap tahapan dilaksanakan dengan baik dan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak Desa Napo dengan rentang usia 7-15 tahun yang berjumlah 34 orang anak. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk mendukung generasi Religious untuk mencintai Alquran melalui pendalam belajar ilmu tajwid. Peserta kegiatan tampak antusias dan aktif dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan. Malaqbi telah memberikan dampak yang signifikan bagi peserta dan masyarakat secara keseluruhan. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an, pemahaman agama, serta penguatan persaudaraan merupakan capaian yang membanggakan. Rekomendasi untuk kegiatan selanjutnya adalah memperluas jangkauan kegiatan agar lebih banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat yang sama. Selain itu, pemanfaatan teknologi dalam penyelenggaraan pelatihan juga dapat menjadi alternatif untuk mencapai lebih banyak peserta.

Keywords


Al-qur’an, Ilmu Tajwid, Limboro

Full Text:

PDF

References


Alfianto, E. (2017). Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas Atas Sd Muhammadiyah 14 Surakarta [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amrizal. (2012). Membangun Islam yang Cerdas, damai dan Menyejukkan. CV. Witra Irzani. Chirzin, M. (2014). Permata Al-Qur’an. Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (IV).

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fitriya, I., & Syafi’i, I. (2022). Membangun Generasi Milenial Melalui Pendikan Al-Quran sebagai Investasi Masa Depan Bangsa. Penelitian Medan Agama, 13(02).

Hitami, M. (2012). Pengantar Studi Al-Quran: Teori dan Pendekatan. LKiS Printing Cemerlang.

Mamonto, Umar, & Usman. (2020). Pendidikan Nilai-Nilai Islam Pada Remaja Perkotaan (Studi tentang Aktivitas Dakwah Bikers Subuhan Manado. Journal Civics & Social Studies, 1(4).

Sa’dijah, C. (2021). Pembelajaran Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran.

Pendidikan Agama Islam, 11(2).

Sari, I. P. (2021). Ilmu Tajwid Melalui Metode Qiro’ati dalam Membaca Al-Qur’an. [Skripsi].

Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Quran untuk Mengembangkan Bacaan Al-Quran. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5097

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter