SOSIALISASI APLIKASI KESEHATAN HARIAN BAGI TUNANETRA DI YAPTI MAKASSAR

Intan Sari Areni, Mesra Rahayu, Indrabayu Indrabayu, Amil Ahmad Ilham, Anugrayani Bustamin, Tyanita Puti Marindah, Baizul Zaman, Ichsanul Al Ifwan

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Yayasan Pembinaan Tunanetra Indonesia (YAPTI) di Makassar ini bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi netra sehat untuk memberikan pemahaman kepada sahabat Tunanetra. Aplikasi yang dikembangkan ini sekaligus menjadi media promosi Kesehatan khususnya bagi penderita disabilitas. Penggunaan teknologi seperti gawai berbasis teknologi pengenalan suara juga sudah lama digunakan oleh sahabat tunanetra yang ada di Yayasan Pembinaan Tunanetra Indonesia (YAPTI). Oleh karena itu, melalui aplikasi ini, diharapkan adanya kemudahan penyampaian informasi Kesehatan bagi mereka. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan dua tahapan yaitu identifikasi kebutuhan pengguna dan sosialisasi aplikasi promosi Kesehatan pada perangkat mobile berbasis Android. Bentuk sosialiasi dalam kegiatan ini dengan berbagi wawasan terkait penggunaan aplikasi dan sekaligus menjadi ajang berbagi pengetahun tentang riset yang dilakukan pada Departemen Teknik Elektro dan Departemen Teknik Informatika Universitas Hasanuddin. Berdasarkan hasil sosialisasi yang dilakukan, pengguna dalam hal ini penyandang tunanetra merasa puas dengan aplikasi yang dikembangkan.


Keywords


Tunanetra, Promosi Kesehatan, Android, Aplikasi Mobile

Full Text:

PDF

References


Alisty D. N. (2022). Tantangan untuk Tingkatkan Minat Baca di Indonesia. Perpustakaan BSN.

American Foundation for the Blind. (2021). Assistive Technology. Retrieved from AFB

Anggraini, N., Kurniawan, A., Wardhani, L.K., & Hakiem, N. (2018). Speech Recognition Application for the Speech Impaired using the Android-based Google Cloud Speech API. TELKOMNIKA (Telecommunication Computing Electronics and Control).

Bastiana, H. Purwaka, dan Pratama E.B.Y., (2023). Identifikasi Penerapan Jalur Pemandu di SLB A Yapti Makassar. ODEKA: Jurnal Orot Didaktika. 1(2)

Efendi, R. (2019). Automatic Speech Recognition Bahasa Indonesia Menggunakan Bidirectional Long Short-Term Memory dan Connectionist Temporal Classification.

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System usability scale vs heuristic evaluation: a review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 65-74.

Irwanto, Eva Rahmi Kasim, Asmin Fransiska, Mimi Lusli, Siradj Okta. (2010). Analisis Situasi Penyandang Disabilitas Di Indonesia: Sebuah Desk Review. Pusat Kajian Disabilitas Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, Depok.

Rahayu, Mesra. (2022). Pengaruh Intervensi Menggunakan Aplikasi “Netra Sehat” Terhadap Tingkat Literasi Kesehatan Harian bagi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Indonesia. Disertasi: FKM, Universitas Hasanuddin.

Triyono, Liliek et al. (2021). SaVRO: ASISTEN RUMAH PINTAR UNTUK TUNA NETRA DENGAN VOICE RECOGNITION. Jurnal Hilirisasi Technology kepada Masyarakat (SITECHMAS)

Ugrasenamaharaj, M., & Asha, M. (2018). SPEECH SIGNAL RECOGNITION USING DIGITAL SIGNAL PROCESSING. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 6(2).

WHO, (2021). Assistive Technology in Health Topics. Diakses tanggal 1 April 2024 pada https://www.who.int/health-topics/assistive-technology#tab=tab_1




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5100

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter