OBSERVASI PEDULI LINGKUNGAN DAN SUMBER DAYA LAHAN MELALUI PENDEKATAN EKOLOGI FAKTORAL DI DISTRIK HUBIKIAK KABUPATEN JAYAWIJAYA

Hardiyanti YM, Sahrail Robo, Aprianto Soni, Santo Tabuni

Abstract


Tujuan untuk mengetahui observasi peduli lingkungan dan pemetaan sumber daya lahan di kabupaten Jayawijaya. Karena tidak diketahui sebaran dan luasan potensi lahan yang ada, perencanaan penggunaan lahan belum optimal dilakukan, dan potensi sumber daya lahan di Distrik Hubikiak cukup luas, namun belum terinventarisasi dan dikelola dengan maksimal. Aparat pemerintah kampung juga harus lebih memahami peta. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Aparat Pemerintahan Kampung tentang pemetaan sumber daya lahan, kepedulian lingkungan, dan proses pembuatan peta. Survei pendahuluan, sosialisasi, penyuluhan, Forum Grup Diskusi (FGD), survey lapangan, observasi, dan evaluasi adalah semua metode yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sangat bagus, dan pemahaman mereka tentang lingkungan dapat meningkat. Menghasilkan Peta Potensi Sumber Daya Lahan di Kampung Musaima I distrik Hubikiak, yang memiliki potensi sumber daya lahan yang paling luas yang dapat dikelola dengan baik, adalah langkah akhir dari kegiatan pengabdian.


Keywords


Perencanaan, Potensi, Peta, Sumberdaya, Lahan.

Full Text:

PDF

References


Tamara, r. M. (2016). Peranan lingkungan sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan peserta didik di sma negeri kabupaten cianjur. Jurnal geografi gea, 16(1), 44-55.

Suhartien, I. (2020). Environmentalisme global di kalangan pemuda studi kasus: Penanganan krisis sampah plastik di bali dan kepulauan seribu (doctoral dissertation, universitas gadjah mada).

Bramasta, D., & Nirwansyah, A.W. (2018). Membangun kemampuan spasial lewat pelatihan pemetaan digital berbasis Sistem Informasi Geografis untuk aparatur desa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 73-78. DOI:10.30595/jppm.v2i1.2163.

Yanti, D., & Awalina, R. (2021). Sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah organik menjadi Eco-Enzyme. Warta Pengabdian Andalas, 28(2), 84-90.

Sujarwo, W., Arinasa, I. B. K., Salomone, F., Caneva, G., & Fattorini, S. (2014). Cultural erosion of Balinese indigenous knowledge of food and nutraceutical plants. Economic Botany, 68(4), 426-437.

Kahfi, A. (2017). Tinjauan terhadap pengelolaan sampah. Jurisprudentie: Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum, 4(1), 12-25.

Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos, 2(1), 328009.

Setyaningrum, I. (2015). Karakteristik peningkatan pengelolaan sampah oleh masyarakat melalui bank sampah. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 4(2), 185-196.

Pratama, R., & Parinduri, L. (2019).Penaggulangan pemanasan global. Buletin Utama Teknik, 15(1), 91-95.

Haryanta, A., Rochman, A., & Setyaningsih, A. (2017). Perancangan sistem informasi perencanaan dan pengendalian bahan baku pada home industri. Jurnal Sisfotek Global, 7 (1).

Prabekti, Y. S. (2020). Eco-Fermentor: Alternatif Desain Wadah Fermentasi Eco-Enzyme. Bogor Agricultural University (IPB), 43 (1), 7728.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5105

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter