ANALISIS SWOT ALIRAN PINNI’ SUNGAI MAPI, EKOWISATA ALAM DESA TUBBI YANG BELUM TEREKSPOS

Masyhadiah Masyhadiah, Abd. Asis, Muh. Japri, Monalisa Safira

Abstract


Pariwisata melibatkan perjalanan untuk rekreasi atau pelancongan. Salah satu bentuk wisata adalah ekowisata, yang berhubungan dengan alam dalam pembelajaran dan pengembangan lingkungan. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan tujuan untuk untuk mendeskripsikan potensi ekowisata, menyusun produk ekowisata potensial, mengevaluasi daya tarik wisatawan terhadap objek wisata, dan merancang produk ekowisata yang akan dikembangkan di aliran Pinni’. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus, karena peneliti berusaha menggambarkan proses dan kejadian di aliran sungai Mapi yang disebut Pinni’. Berdasarakan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aliran Pinni’ memiliki banyak potensi karena lokasinya yang strategis, berada di tengah perkebunan warga dan memiliki aliran sungai yang deras, yang cocok untuk wisata memancing, menyelam, kuliner buah hasil kebun masyarakat, dan arung jeram.


Keywords


Pariwisata, Ekowisata, Analisis SWOT, Aliran Sungai, Pengembangan Wisata.

Full Text:

PDF

References


Aji, Riswandha Risang, “PENGEMBANGAN PARIWISATA ALAM DALAM MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANGJUTAN DI DESA WISATA PENTINGSARI”, Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 16, No. 2 (2021), Hlm. 9-17.

Aulia, Afifah Nur dan Luchman Hakim, “PENGEMBANGAN POTENSI EKOWISATA SUNGAI PEKALEN ATAS, DESA RANU GEDANG, KECAMATAN TIRIR, KABUPATEN PROBOLINGGO”, Jurnal Wilayah dan Lingkungan, Vol. 5, No. 3 (2017), Hlm. 156-167.

Basri. 2022. KOLABORASI MEMBANGUN DESA WISATA. Yogyakarta: PT Karya Bakti Makmur (KBM) Indonesia.

Devy, Helln Angga dan R.B. Soemanto, “PENGEMBANGAN OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA ALAM SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI KABUPATEN KARANGANYAR”, Jurnal Sosiologi DILEMA, Vol. 32, No. 1 (2017), Hlm. 34-44.

Ferdinan, Yoki, Mochamad Makmur, dan Heru Ribawanto, “PENGEMBANGAN WISATA ALAM BERBASIS EKOWISATA DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK (Studi Pada Disparbud Kabupaten Nganjuk)”, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 12, Hal. 2123-2127.

Hadi, Wisnu, “DAYA TARIK ALIRAN SUNGAI OPAK DI WILAYAH YOGYAKARTA SEBAGAI DESTINASI WISATA ALAM DAN PENDIDIKAN”, Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata dan Budaya, Vol. 11, No. 1 (2020), Hlm. 61-69.

Hidayat, Dian Charity dan Retno Maryani, “ANALISIS KELAYAKAN POTENSI AIR TERJUN RIAM JITO DI KECAMATAN KEMBAYAN, KABUPATEN SANGGAU, KALIMANTAN BARAT”, Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Vol. 3, No. 1 (2019), Hlm. 59-78.

Isdarmanto. 2017. DASAR-DASAR KEPARIWISATAAN DAN PENGELOLAAN DESTINASI WISATA. Yogyakarta: PT Gerbang Media Aksara dan STiPrAm Yogyakarta.

Komara, Erwan, Y. Ony Djogo, dkk, “MENGGALI POTENSI WISATA ALAM DI SUNGAI CIBEUREUM DAN CURUG ALEH KOTA BANDUNG”, Jurnal Abdimas Sang Buana, Vol. 4, No. 1 (2023), Hlm. 37-47.

Mauizatul Hazanah. PENGELOLAAN PARIWISATA ALAM BERBASIS MASYARAKAT. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2017.

Masyhadiah, M. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN MAMUJU. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi, 2(1)

Oktaviantari, Ni Putu Eka, Damiati, dan Ni Made Suriani, “POTENSI WISATA ALAM AIR TERJUN KUNING SEBAGAI DAYA TARIK WISATA ALAM DI DESA TAMAN BALI, KECAMATAN BANGLI, KABUPATEN BANGLI”, Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Vol. 10, No. 2 (2019), Hlm. 136-146.

Rahma, Adenisa Aulia, “POTENSI SUMBER DAYA ALAM DALAM MENGEMBANGKAN SEKTOR PARIWISATA DI INDONESIA”, Jurnal Nasional Pariwisata, Vol. 12, No. 1 (2020), Hlm. 1-8.

Safri, Muhammad. 2020. PENGEMBANGAN WISATA ALAM DENGAN PENDEKATAN BIAYA PERJALANAN. Banyumas: CV Pena Persada Redaksi.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5117

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter