SOSIALISASI ALAT PERAGA SMART CLOCK SEBAGAI SRATEGI PEMBELAJARAN DI SDN 031 INPRES TUMPILING

Andi Liliandriani, Sri Nengsi, Iqbal Iqbal

Abstract


SDN 031 INPRES Tumpiling merupakan sasaran kami dalam pengimplementasian produk pengabdian pada pelaksanaan program unasman membangun desa. Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di SDN 031 INPRES Tumpiling, di peroleh informasi bahwa metode belajar yang di gunakan selama pandemi Covid-19 yaitu di lakukan secara berkelompok atau di luar sekolah. Proses pembelajaran belum mampu memenuhi kriteria proses pembelajaran yang efektif, hal ini di sebabkan karna penyampaian materi dengan menggunakan metode konvensional, guru masih kurang menggunakan alat peraga, guru hanya menggunakan buku tema pembelajaran dalam menyampaikan konsep pembelajaran. Olehnya itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu guru dan peserta didik agar proses belajar mengajar lebih efektif utamanya dengan adanya penggunaan alat peraga “Smart Clock” sebagai strategi pembelajaran. Smart clock (jam pintar) adalah suatu alat peraga yang berbentuk jam, yang cara kerjanya di putar searah dengan jarum jam. Alat peraga ini dapat di gunakan untuk semua mata pelajaran pada semua tingkatan kelas. Dengan adanya produk ini, diharapkan dapat menjadi inovasi baru dalam proses belajar mengajar sehingga dapat dijadikan sebagai sarana dalam pembelajaran agar dapat mempermudah guru dalam penyampaian materi pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik meningkat

Keywords


Alat Peraga, Smart Clock, Strategi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Fitri, D. A. A., & Ngazizah, N. (2021, April). Alat Peraga Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 3).

Harsikah, H. (2017). Penggunaan Alat Peraga Pada Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. SUARA GURU, 2(3), 249-254.

Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 121-129.

Kodobo, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mengenal Abjad Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I SD Naskat Cendana Kecamatan Morotai Jaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 764-776.

Kurniawati W. & Atmojo S. E. (2017). Pembelajaran Sains Bermuatan Karakter Ilmiah dangan Alat Peraga Barang Bekas dan Asesmen Kinerja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 48-59.

Nikodemus Thomas Martoredjo. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tentangan bagi Sektor Pendidikan? Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/328807842.pdf

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2018). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28-33.

Riadin, A., & Fitriani, C. L., (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1-5.

Telaumbanua, Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga pada Pemebelajaran Matematika pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709-722.

Utami, W. B. (2019). Student Experience about Higher Older Thinking Skill with Contextual Learning based Ethnomathematics using Learning Media and Math Props. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8((IC2), 719-721




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5176

Article Metrics

Abstract views : 0 times | PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter