PELAKSANAAN PENDAMPINGAN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN METODE KOLABORASI PADA UPTD SMA NEGERI 1 TOPOYO
Abstract
Best Practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan metode kolaborasi pada UPTD SMA Negeri 1 Topoyo. Kolaborasi dalam bentuk kegiatan In House Training, Komunitas Belajar maupun Kolaborasi dalam pembelajaran berhasil meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru dan siswa dalam pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Guru sudah memiliki kemampuan untuk menyusun modul ajar maupun modul ajar P5. Siswa sudah memahami materi dan tahapan-tahapan kegiatan P5 sehingga dapat menghasilkan karya ataupun produk yang dapat mereka pamerkan pada kegiatan panen hasil karya. Hal ini menunjukkan bahwa dengan pola pelatihan dan pembinaan yang tepat guru berhasil memahami dan menerapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (2022).
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: Kementerian
Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Shilviana, K. F., & Hamami, T. (2020) Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakukrikuler. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 160-161. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5202
Article Metrics
Abstract views : 89 times | PDF - 80 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.