PENERAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS BUSINESS MODEL CANVAS DENGAN TREN DIGITAL PADA UKM RISOLLE INDONESIA KOTA PARE-PARE
Abstract
Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM di Kota Parepare, khususnya Gerai Risolle Indonesia, melalui sosialisasi dan pelatihan berbasis Business Model Canvas (BMC) dan teknologi kecerdasan buatan (AI). Metode yang digunakan meliputi sosialisasi strategi bisnis, pelatihan penerapan teknologi, dan pendampingan intensif. Fokus utama adalah revitalisasi perencanaan bisnis, redesain kemasan, dan optimalisasi manajemen persediaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta terkait perencanaan bisnis berbasis BMC dan penggunaan AI, serta kemampuan dalam manajemen persediaan. Redesain kemasan produk berhasil meningkatkan daya tarik dan potensi pemasaran Gerai Risolle Indonesia. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing usaha di pasar yang lebih luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indrabayu I, Ilham AA, Areni IS, Bustamin A, Oemar MAFI, Sidehabi SW. Sosialisasi Rekondisi UMKM di Kelurahan Borongloe Kabupaten Gowa dengan Teknologi Informasi dan BMC di Era Pandemi Covid 19. J Sipissangngi. 2021;1(3):10–4.
Rachman S. analisis pengaruh perkembangan usaha kecil dan menengah sektor manufaktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar. Ad’ministrare. 2016;3(2):71–82.
Hatta M, Suriati S. PENGARUH DUNIA USAHA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PAREPARE. Cater Paribus J. 2022;2(2):71–9.
Hidayah R. Pengaruh Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Produk Sabun Cair LUX di Purworejo. Manajemen-Fakultas Ekonomi; 2016.
Pramudita S. PENGARUH SIKAP KONSUMEN PADA KOMPONEN IKON VISUAL MEREK TERHADAP MINAT BELI (Studi Eksplanatif Kuantitatif Mengenai Pengaruh Sikap Konsumen pada Komponen Ikon Visual Merek J. CO Donuts & Coffee terhadap Minat Beli Produk pada Pengunjung Gerai J. CO Donuts. UAJY; 2013.
Indrabayu I, Munir AR, Areni IS. PENINGKATAN KAPASITAS TENANT DI POSKO JASUDA DENGAN MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BUSINESS MODEL CANVAS. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdi pada Masy. 2019;3(1):41–6.
Rakha Fauzi, A. (2020). Business Model Canvas (BMC) Studi Kasus Torabika Moka di Wilayah Sukabumi (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pakuan).
Septiyadi, A. L., & Bayu Dirgantara, I. M. (2021). PENGARUH ATRIBUT KEMASAN (PACKAGING) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK EMINA. Diponegoro Journal of Management, 10(6). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32433
Rimbawan, A., Wijaya, I. K. A. P., & Suryani, N. N. D. (2024, April). Rebranding Desain Kemasan Amenities Villa San di Ubud untuk Memperkuat Identitas Visual Dalam Upaya Memberikan Pengalaman Menarik Bagi Pengunjung. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 7, pp. 248-257).
Salsabila, F. T. (2022). Pengaruh Jumlah Unit UMKM dan Jumlah Tenaga Kerja UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Indonesian Journal for Entrepreneurial Review, 1(1), 1-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i3.5803
Article Metrics
Abstract views : 124 times | PDF - 61 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.