PENDAMPINGAN SATUAN PENDIDIKAN MENENGAH SEBAGAI BENTUK PERCEPATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA JALUR MANDIRI BAGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU
Abstract
Dalam rangka sosialisasi Kurikulum Merdeka, berbagai program dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pembiasaan kepada satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Salah satu program yang sedang dijalankan oleh pemerintah adalah Implementasi Kurikulum Merdeka. Pentingnya pengabdian kepada masyarakat ini terletak pada percepatan implementasi kurikulum di berbagai satuan pendidikan, mengingat kondisi, karakteristik, dan potensi yang berbeda-beda di setiap wilayah. Kecamatan Tutar, yang terletak di Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat, merupakan daerah terpencil. Hal ini menyebabkan kepala sekolah dan guru di sana menerima informasi yang berbeda dibandingkan dengan yang ada di daerah perkotaan. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan dukungan kepada sekolah dasar dan menengah pertama di Kecamatan Tutar dalam percepatan IKM Jalur Mandiri. Melalui kegiatan ini, diharapkan kepala sekolah dan guru dapat memahami modul-modul dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM), seperti asesmen, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dan penyesuaian pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik. Hasil dari kegiatan ini akan dipublikasikan dalam jurnal pengabdian masyarakat, media online, video, serta peningkatan pemberdayaan mitra, termasuk Hak Cipta dokumen perancangan pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal. 2023: 6(1), 67-73.
Simanjuntak, R., Elfrianto, E., Yusmidani, Y., & Saragih, V. Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). 2023: 5(1), 2613- 2619.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Daftar Sekolah Terdaftar IKM Jalur Mandiri Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2023. Polewali Mandar; 2023.
Harahap, T. K., & Sos, S. Aturan dan Kebijakan dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. 2022: 33.
Partikasari, R., Haryono, M., Imran, R. F., Pebriani, E., & Oktasari, S. Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Dan Penguatan P5 Bagi Guru Di Korwil I Bengkulu Utara. Jurnal Dehasen Untuk Negeri. 2023: 2(1), 47-52.
Ana, Panjaitan J. Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Guru Merdeka Mengajar. In: Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR). 2022.5. 1-10.
Kurniawan, N. A., Sembiring, K., & Saputra, R. Potret Kesiapan Siswa Bertranformasi Menjadi Pelajar Pancasila dalam Matriks Covey. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. 2022: (Vol. 6, No. 1, pp. 1-9).
Angga A, Suryana C, Nurwahidah I, Hernawan AH, Prihantini P. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu. 2022 May 16;6(4):5877-89
Tompul T, Bessie E, Helena ES. Desain kurikulum pendidikan agama kristen remaja menggunakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Mery M, Martono M, Halidjah S, Hartoyo A. Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu. 2022 Jun 20;6(5):7840-9.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i3.5810
Article Metrics
Abstract views : 37 times | PDF - 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.