OPTIMALISASI MANAJEMEN STRATEGI PROMOSI WISATA BUDIDAYA BUNGA ANGGREK KAB. MAMASA

Muhammad Syaeba, Nur Fitrah, Masyhadiah Masyhadiah, Rahmatya Rahmatya, Alya Sahwa, Haidir Haidir, Nurul Hesti

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatakan pengetahuan kepada masyarakat lokal dan mitra tentang manajemen strategi promosi wisata yang efektif untuk budidaya bunga anggrek dan meningkatkan keterampilan masyarakat lokal dan mitra dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk promosi pariwisata di Desa Tondok Bakaru ,Kabupaten Mamasa. Pelatihan dan pendampingan dilakukan untuk memberikan pemahaman manajemen strategi yang terstruktur, dan meningkatkan promosi wisata melalui pembuatan iklan dan media sosial. Hasil evaluasi menunjukan Kelompok Tondok Bakaru Orchid (KTO) menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan promosi, serta peningkatan interaksi dengan wisatawan. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan yang tepat dan dukungan memadai dapat meningkatkan daya saing wisata , memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat.


Keywords


Manajemen, Promosi , Wisata , Tondok Bakaru

Full Text:

PDF

References


Adiyanto Y, (2018). Analisis Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Lebak Banten. Jurnal Sains Manajemen, Volume. 4 No. 2 Tahun. 2018

Aprilia, Amrul Muzan, (2023) Pemanfaatan Media Digital Untuk Promosi Wisata Kampung Saribu Gonjong, Journal of Sharia and Law Vol.2, No. 2April2023.h.660-675

Binahayati Rusyidi , Muhammad Fedryansah, (2018) Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Jurnal Pekerjaan Sosial Vol. 1 No: 3 Hal: 155 – 165

Dadan Mukhsin, (2014). Strategi Pengembangan Kawasan Pariwisata Gunung Galunggung (Studi Kasus Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya).

Manafe JD, Setyorini T, Alang YA, (2016). Administrasi J, Politeknik B, Kupang N. Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT).

Muhammad Ridla, dkk (2023) Strategi Promosi Pariwisata Berbasis Digital Daya Tarik Wisata Sendang Seruni Di Kabupaten Banyuwangi , Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, Volume 4 Nomor 2 Desember 2023 : hal 112-124

Nisa Amalina Setiawan, (2014). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong , Jurnal Trikonomika Volume 13, No. 2, Desember 2014, Hal. 184–194

Tatang Rusata, (2019). Aktivasi Promosi Pariwisata Di Media Sosial Sudi Kasus Kabupaten Belitung . Jurnal Sain Terapan Pariwisata, Vol.4, No. 2,p. 277-292.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v4i3.5815

Article Metrics

Abstract views : 28 times | PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter