PENGENALAN AUGMENTED REALITY PADA PANTI ASUHAN AL-KHAERAT MAKASSAR
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak di Panti Asuhan Al-Khaerat Makassar pada teknologi augmented reality (AR). Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dasar dan minat anak-anak terhadap teknologi AR melalui pengalaman langsung menggunakan aplikasi AR. Metode yang digunakan mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi yang melibatkan kuesioner dan observasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini memberikan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan minat anak-anak terhadap teknologi AR, dengan peningkatan rata-rata pemahaman mencapai 26% dan minat belajar meningkat hingga 34%. Studi ini menyimpulkan bahwa pengenalan teknologi AR di lingkungan panti asuhan tidak hanya memberikan pengalaman edukatif yang menarik, tetapi juga membuka peluang bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan teknologi yang berguna bagi masa depan mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiatma, L.H., Agus Pranoto, Y. and Wahid, A. (2020) ‘Aplikasi Visual Dna Manusia Menggunakan Augmented Reality Sebagai Sarana Media Pembelajaran’, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(1), pp. 162–168. Available at: https://doi.org/10.36040/jati.v4i1.2359.
Areni, I.S. et al. (2018) ‘Implementasi Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Mata Pelajaran Biologi’, JURNAL TEPAT : Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 1(2), pp. 105–110. Available at: https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v1i2.27.
Faiza, M.N., Yani, M.T. and Suprijono, A. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa’, Jurnal Basicedu, 6(5), pp. 8686–8694. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3901.
Harini, E.O. (2022) ‘Analisis Manfaat Pengintegrasian Augmented Reality Pada Bahan Ajar Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar.’, Jurnal EPISTEMA, 3(2), p. hlm.79. Available at: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50570.
Junaedi, D., Redjeki, F. and Priadi, M.D. (2023) ‘Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur’, Indonesian Journal of Economic and Business, 1(2), pp. 106–120. Available at: https://doi.org/10.58818/ijeb.v1i2.31.
Nadzeri, M.B. et al. (2023) ‘Interactive Mobile Technologies’, International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(15), pp. 135–154.
Nazilah, S. and Ramdhan, F.S. (2021) ‘Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Landmark Negara-Negara ASEAN Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Marker Based Tracking’, Ikra-Ith Informatika, 5(2), pp. 99–107.
Nistrina, K. (2021) ‘Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran’, Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01), pp. 1–6.
Nurtanio, I. et al. (2019) ‘Peningkatan Kapasitas Mengajar Guru menggunakan Media Pembelajaran Digital di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep’, 2, pp. 7–13. Available at: https://doi.org/10.25042/jurnal_tepat.v2i1.52
Wibowo, V.R., Eka Putri, K. and Amirul Mukmin, B. (2022) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar’, PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), pp. 58–69. Available at: https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v5i1.5820
Article Metrics
Abstract views : 202 times |
PDF - 62 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:

SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







