PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL P5 PADA GURU SMK MEGA LINK MAJENE
Abstract
Penerapan kurikulum merdeka di SMK Mega Link Majene baru berjalan kurang lebih satu tahun. Olehhnya itu masih terdapat banyak kendala yang dihadapi oleh guru. Salah satunya adalah penyusunan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sedangkan kemampuan guru dalam memahami kurikulum merdeka secara utuh belum sepenuhnya dimiliki. Berdasarkan hal tersebut, maka tim PkM dosen melakukan pelatihan dan pendampingan terhadap Guru SMK Mega Link Majene. Tujuan kegiatan PkM ini yaitu Guru (fasilitator P5) SMK Mega Link Majene mampu menyusun modul P5 yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah pelatihan dan pendampingan. Tahap pelaksanaan PkM meliputi (1) koordinasi dan analisis kebutuhan usulan. (2) Finalisasi kebutuhan mitra yang akan dikerjakan oleh tim PkM Dosen. (3) Penyusunan PPT dan panduan/juknis penyusunan modul P5. (5) Workshop penyusunan modul P5. (6) Pendampingan gelar karya. (7) Evaluasi dan pelaporan kegiatan PkM dosen. Setelah melakukan PkM diperoleh kesimpulan yaitu (1) Tersusunnya modul ajar P5 SMK Mega Link Majene, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam pelaksanaan gelar karya P5
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, H. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kodama dalam Mengerjakan Soal Matematika. Pepatudzu: Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 13(2), 118-132.
Ahmad, H., Syah, A., & Elviana, E. (2021). PKM-PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MI DDI PASSEMBARANG DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PABEL GAMES. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 19-25.
Ahmad, H., Nurdefi, N., Yeyen, Y., Muchtar, T., Syamsuddin, S., & Latif, A. (2022). PkM-Pelatihan Microsoft Office Excel sebagai Media Pembelajaran Statistika pada Guru Matematika. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13-17.Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518-7525.
Jepri, J., Ahmad, H., & Reskiah, R. (2022, May). Efektivitas Alat Peraga Logika Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 01 Sumarorong. In Journal Peqguruang: Conference Series (Vol. 4, No. 1, pp. 317-324).
Melti, L., Tone, K., & Ahmad, H. (2020). Pengaruh Alat Peraga Sister Sari Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 4 Polewali. Journal Peqguruang, 2(1), 20-25.
Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Lokakarya pengembangan media pembelajaran video berbasis kearifan lokal pada kurikulum merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1377-1384.
Noviyanti, A. I. (2023). Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Kencong Berdasarkan Modul P5. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 118-125.
Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(1), 10-19.
Sulistyati, Dyah M; Wahyaningsih, Sri; & Wijania, I Wayan. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Syamsuddin, S., Tahir, A., Ahmad, H., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2020). PKM-MGMP Matematika SMK Kabupaten Majene Pelatihan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 11).

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.