PECALLICIOUS SEBAGAI PELUANG KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA PRODI BAHASA INDONESIA

Nur Amelia, Fadliah Fadliah, St. Marwah, Naim Irmayani, Andriani Andriani

Abstract


Sambal Pacal, yang dikenal dengan nama Pecallicious, merupakan sambal khas daerah dengan perpaduan rasa pedas, gurih, dan aroma rempah yang khas. Saat ini, konsumsinya masih terbatas pada rumah tangga dan belum tersedia dalam kemasan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi "Sambal Pacal dalam Kemasan" agar dapat dinikmati masyarakat luas secara praktis, higienis, dan tahan lama. Melihat pertumbuhan positif penjualan sambal di pasar domestik dan internasional, pengemasan produk tradisional seperti sambal pecel terbukti meningkatkan daya tarik dan daya saing. Dengan strategi pemasaran digital yang efektif, seperti pemanfaatan platform e-commerce dan media sosial, produk ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan demikian, inovasi pengemasan Sambal Pacal diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas produk serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.


Keywords


Pecallicious, Kewirausahaan, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung Alfabeta.

Brown, Judith. Et.al 2005. Nutrition Through The Life Cycle.Usa: Wadworth.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin, L. K. (2012). Manajemen Pemasaran (Sabran Bob MM (ed.); Edisi 13 J). Jakarta Erlangga. Peter J, P., & Olson, J. C. (2014). Consumer Behavior; Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 9). Jakarta Salemba Empat. Sudaryono, et all. 2011. Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Andi. Sanawiri, Brillyanes & Iqbal Mohammad. 2018. Kewirausahaan. Jawa Timur. UB Press. Suryana. (2006). Kewirausahaan , Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Tabelessy, Walter. 2021. Pengaruh Desain Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/86862692/202-libre.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jurnal.v5i1.5944

Article Metrics

Abstract views : 28 times | PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/