PELATIHAN STRATEGI PENGAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BAGI GURU SDN PONDOK RANGGON 04

Arfatin Nurrahmah, Indah Mayang Purnama, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam mengajarkan matematika secara menyenangkan dan bermakna di tingkat sekolah dasar. Pelatihan difokuskan pada pendekatan konkret-gambar-abstrak (C-P-A), penggunaan media konkret, permainan tradisional, serta metode kontekstual yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari guru kelas di SDN Pondok Ranggon 04. Pelatihan dilaksanakan dengan tahapan yaitu 1) persiapan; 2) pemaparan materi dan pendampingan; 3) evaluasi. Melalui sesi praktik langsung, diskusi kelompok, dan refleksi, para peserta memperoleh berbagai wawasan baru mengenai strategi mengajar yang menyenangkan dan efektif. Hasil refleksi menunjukkan bahwa guru semakin memahami pentingnya membangun konsep dari konkret ke abstrak, serta menyadari bahwa pembelajaran matematika dapat dikemas secara menarik melalui permainan, lagu, dan media interaktif. Kegiatan ini juga mendorong guru untuk lebih kreatif, serta menumbuhkan motivasi dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk perbaikan berkelanjutan dalam pembelajaran matematika yang ramah anak dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


BYIRINGIRO, E. (2024). Effect of Student Perception on Teaching and Learning Mathematics in Secondary Schools in El’arish in North Sinai Governorate in Egypt. International Journal of Modern Statistics, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.47941/ijms.1613

Dela Cruz, R. Z., & Hernandez, G. D. (2023). Challenges of public-school elementary mathematics teaching in the new normal. Indonesian Journal of Social Sciences, 15(1), 8–20. https://doi.org/10.20473/ijss.v15i1.40340

Granström, M., Härma, E., & Kikas, E. (2023). Teachers’ Knowledge of Students’ Learning Strategies: Recommendations and Evaluations. Nordic Studies in Education, 43(4), 290–308. https://doi.org/10.23865/nse.v43.5501

Handayani, N. F., & Mahrita, M. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4045

Hayat, F., Khan, M., Ahmad, S., Kamran, M., & Maleeha. (2024). Exploring the Characteristics of Concrete Operational Stage among Primary School Students. Qlantic Journal of Social Sciences and Humanities, 5(1), 124–132. https://doi.org/10.55737/qjssh.786349315

Hidayah, A. A., Zahran, A. A., Rahmadhani, A. A., & Septina, E. (2024). The Role Of Teachers In Improving Learning Interest In Civics Education Learning Of Grade IV Students Of Nusukan Barat State Elementary School. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(2), 123–133.

Kamid, Syafmen, W., Fajriah, N., Citra, Y. D., Rivani, P. A., & Widodo, R. I. (2022). Investigating the Role of Traditional Games in Developing Students’ Process Skills and Interest in Learning mathematics. Eurasian Journal of Educational Research, 2022(97), 216–234https://doi.org/10.14689/ejer.2022.97.12

Koskinen, R., & Pitkäniemi, H. (2022). Meaningful Learning in Mathematics: A Research Synthesis of Teaching Approaches. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(2), em0679. https://doi.org/10.29333/iejme/11715

Maulana, H., Kolbi, S. N., Heriyadi, A. R., & Pahmi, S. (2023). The Effect of Using Teaching Aids on Improving Student Learning Outcomes in Mathematics Lessons at Elementary School. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-088-6_4

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207–231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997

Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399

Permata, B., Netson, H., & Ain, S. Q. (2021). Factors Causing Difficulty in Learning Mathematics for Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 6(1), 134–141. https://dx.doi.org/10.23887/ijee.v6i1

Ramlah, R., Riana, N., & Abadi, A. P. (2022). Fun Math Learning For Elementary School Students Through Interactive Puzzle Media. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 25–34. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5775




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.6090

Article Metrics

Abstract views : 112 times | PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/