PENDAMPINGAN BRANDING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA BAHARI PADA KELOMPOK SADAR WISATA PANTAI BABA’TOA DESA LAPEO POLMAN

Indrabayu Indrabayu, Christoforus Yohannes, Ingrid Nurtanio, Zahir Zainuddin, Elly Warni, Mukarramah Yusuf, Ais Prayogi Alimuddin, Anugrayani Bustamin, Muhammad Alief Fahdal Imran Oemar, Muhammad Abdillah Rahmat, Zaenab Muslimin, Yuanita Bahiddin, Saiful Ashar, Siti Nur Anisah, Devi Permata Sari Lam, Christianto Trisatria Lapu, Mutiah Arinil Fayza Nusar, Intan Intan

Abstract


Pendampingan branding produk wisata bahari pada Kelompok Sadar Wisata Pantai Baba’toa Desa Lapeo, Polewali Mandar, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan anggota kelompok dalam membangun citra produk wisata melalui media digital. Metode yang digunakan adalah partisipatif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, melibatkan pengisian kuesioner pre-test dan post-test serta penyampaian materi tentang strategi branding produk wisata bahari berbasis digital. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta pada semua aspek yang diukur, terutama pada pemanfaatan media sosial untuk membangun branding produk dengan peningkatan tertinggi sebesar 15,56%. Namun, peningkatan pemahaman teknik pengambilan foto masih rendah yang disebabkan oleh minimnya praktik langsung dalam pelatihan. Kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam memperkuat branding destinasi wisata Pantai Baba’toa guna mendukung peningkatan kunjungan wisatawan dan pengembangan ekonomi lokal.


Keywords


branding produk wisata; wisata bahari; media sosial; pelatihan partisipatif; pantai baba'toa

Full Text:

PDF

References


Abadi, T. W. (2023). City Branding melalui Media Tiktok di Provinsi Jawa Timur. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(02), 206–222. https://doi.org/10.33633/andharupa.v9i02.7911

Damayanti, T., & Koswara, A. (2023). Social Media Marketing Activities (SMMA) As A Brand Formation Strategy A Study Of The Brand Image Formation Strategy Of Tasikmalaya Embroidery Products. Jurnal Komunikasi, 15(2), 299–316. https://doi.org/10.24912/jk.v15i2.23088

Daya, U., Masyarakat, T., Nailatun, J., Fitrianah, L., Handini, F. P., Harisuddin, C. H., & Syahputri, W. A. (2025). Branding Destinasi Depo Pasar Ikan Sidoarjo Melalui Video Profile sebagai Upaya Daya Tarik Masyarakat. Nusantara Community Empowerment Review, 3(1), 65–71.

Haryati, N., Irwandi, P., Wibowo, R. H., Wavi, M. N., Syarif, H. D., Nurirozak, M. Z., Lasitya, D. S., & Ifanida, B. I. (2024). Pelatihan Pembuatan Konten Komunikasi Visual Untuk Mengembangkan Digital Branding Pada Usaha Minuman Tradisional. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2154. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.21913

Indrabayu, I., Warni, E., Munir, A. R., Basri, B., Anisah, S. N., & Ibrahim, R. N. (2024). Implementasi Business Model Canvas (BMC) dan Sosial Media Marketing di UMKM di Gonda Mangrove Park Desa Laliko Polewali Mandar. SIPISSANGNGI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 125. https://doi.org/10.35329/jurnal.v4i2.5089

Indrayana, A., Febriyantoko, D., & Putra, T. P. (n.d.). Strategi Branding Community Desa Wisata Giriasih Gunungkidul Sebagai Destinasi Ekowisata dan Budaya Community Branding Strategy of Giriasih Tourism Village as an Ecotourism and Cultural Destination in Gunungkidul.

Kusumohendrarto, R. H., & Fitri, N. D. (2021). Perancangan Video Destinasi Wisata Kulon Progo Sebagai Pembentuk City Branding Daerah. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 131–149. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4140

Murdani, A. D., Aji, H. K., & Winduro, W. (2022). Penguatan Branding Dan Promosi Desa Wisata Ngidam Muncar Melalui Eksistensi Website. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 2794. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9119

Prasetyo, D., Widiantari, M. M., Sejati, V. A., Studi, P., Komunikasi, I., & Madiun, U. M. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran “ Lensa Samid ” dalam Meningkatkan Pelanggan melalui Instagram. Indonesian Social Science Review, 2, 49–59.

Zarkasyi, M. I. (2021). Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial Tiktok. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 290–307. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.640




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.6147

Article Metrics

Abstract views : 101 times | PDF - 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/