PENDAMPINGAN VALUE PROPOSITION PRODUK UNGGULAN UMKM DESA LAPEO (BUMDES MENARA PAINDO)

Novy NRA Mokobombang, Tyanita Puti Marindah Wardhani, Herlina Anwar, Amil Ahmad Ilham, Muhammad Niswar, Zulkifli Tahir, Arliyanti Nurdin, Adnan Adnan, Ady Wahyudi Paundu, Iqra Aswad, Saida Muthia Khadijah, Ikrar Gempur Tirani, Alifah Ayudiah Srirejeki, Winati Mutmainnah Nurdin, Nadia indriani Sumardi, Jessica Evangeline Winardy, Erwin Sukma, Syarifah Fitrah Ramadhani, Siti Andini Utiarahman

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi pelaku UMKM pengolahan ikan di Desa Lapeo dalam merumuskan dan mengembangkan value proposition produk unggulan yang dapat meningkatkan daya saing di pasar. Pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh tim dari Departemen Teknik Informatika, Universitas Hasanuddin melalui pendekatan partisipatif yang mengombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan tahapan pelatihan berupa pre-test, pemaparan materi, diskusi interaktif, dan post-test. Hasil pre-test mengungkapkan bahwa mayoritas peserta merupakan pelaku UMKM yang baru memulai usaha, di mana 60% responden telah mengenal istilah value proposition namun masih memerlukan pendalaman dalam aplikasinya, serta mengalami kendala di bidang manajerial dan pemasaran digital. Setelah pelatihan, post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta mengenai konsep value proposition, dengan sebagian besar mampu menyusun pernyataan nilai produk secara terstruktur dan menentukan target pasar secara strategis. Temuan ini menandakan bahwa program pendampingan berhasil memperkuat kapasitas strategis UMKM sehingga produk mereka dapat lebih relevan dan kompetitif di pasar.

Keywords


Value Proposition;UMKM;pemasaran digital;pelatihan partisipatif

Full Text:

PDF

References


Darianto, S., et al. (2021). Pendampingan digital marketing untuk UMKM: Strategi memperkuat proposisi nilai dalam persaingan pasar. Jakarta: Pustaka Bisnis.

Emayanti, R., et al. (2024). Implementasi Value Proposition dalam UMKM: Studi kasus desa Pancoran Mas. Bandung: Akademika Press.

Kemenko Perekonomian (2025, 30 Januari). Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia (diakses 20 Mei 2025, dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/6152/pemerintah-dorong-umkm-naik-kelas-tingkatkan-kontribusi-terhadap-ekspor-indonesia

Muljopamudji, Trisulo, et al. (2025). Analysis of Value Proposition Canvas and Lean Business Canvas for Marketing Strategy Development, Operations, and Human Resources in EDU Smarty Generation Tutoring in Tangerang Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 6.1

Ociepa-Kubicka, A. (2024). The Value Proposition -the basis of an effective Business Model. Scientific Papers of Silesian University of Technology. Organization & Management/Zeszyty Naukowe Politechniki Slaskiej. Seria Organizacji i Zarzadzanie, (209).

Sutisna, A., & Fauziya, T. (2024). Peran Value Proposition dalam daya saing bisnis UMKM. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.6174

Article Metrics

Abstract views : 120 times | PDF - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/