TRANSFORMASI DIGITAL KELOMPOK WANITA TANI NGUDI MULYO KALASAN: OPTIMALISASI WHATSAPP BUSINESS UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN HASIL PERTANIAN)

Firdiyan Syah, Ahmad Riyadi, Eva Nuryani, Kristina Warniasih, Meilany Nonsi Tentua

Abstract


Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Mulyo Kalasan, sebagai entitas penting dalam sektor pertanian lokal, menghadapi tantangan signifikan dalam pemasaran dan penjualan hasil pertaniannya yang masih mengandalkan metode konvensional, sehingga membatasi jangkauan pasar dan menekan potensi pendapatan. Di tengah pesatnya disrupsi digital, pemanfaatan teknologi menjadi krusial untuk meningkatkan daya saing. Optimalisasi WhatsApp Business hadir sebagai solusi strategis untuk memperluas akses pasar, meningkatkan efisiensi komunikasi, dan mengelola pesanan secara lebih efektif, yang diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan volume penjualan dan kesejahteraan anggota KWT. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif dan edukatif, melibatkan tim dosen dan mahasiswa sebagai pelaksana, serta KWT Ngudi Mulyo yang beranggotakan 25 wanita petani sebagai sasaran. Tahapan kegiatan meliputi survei dan analisis kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan pelatihan interaktif dan praktik langsung, pendampingan berkelanjutan, serta monitoring dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test, observasi, dan analisis data penjualan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman anggota KWT tentang WhatsApp Business secara signifikan dari 40% menjadi 85%. Seluruh anggota KWT (100%) kini mampu mengoptimalkan fitur WhatsApp Business, termasuk pembuatan katalog produk dan pengaturan pesan otomatis, didukung oleh terbentuknya tim internal KWT yang bertanggung jawab. Dampak positif yang teridentifikasi meliputi perluasan jangkauan pasar, peningkatan efisiensi komunikasi, dan tren peningkatan pada interaksi konsumen rata-rata 20-30% pada bulan pertama pasca-pelatihan, yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi anggota KWT.


Keywords


Transformasi Digital, WhatsApp Business, Wanita Tani, Penjualan, Hasil Pertanian

Full Text:

PDF

References


Arvianti, Eri Yusnita, Herdiana Anggrasari, and Masyhuri Masyhuri. 2022. “Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Melalui Digital Marketing Pada Petani Milenial Di Kota Batu, Jawa Timur.” Agriekonomika 11(1):11–18. doi: 10.21107/agriekonomika.v11i1.10403.

Azis, Miftahul, and Esty Asriyana Suryana. 2023. “Komparasi Dan Implementasi Kebijakan Digitalisasi Pertanian: Peluang Dan Tantangan.” RISALAH KEBIJAKAN PERTANIAN DAN LINGKUNGAN Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian Dan Lingkungan 10(3):179–98. doi: 10.29244/jkebijakan.v10i3.51083.

Cholilalah, Rois Arifin, Aleria Irma Hatneny. 1967. “PENGARUH PEMASARAN DIGITAL, INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA PELAKU UMKM DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT) Ahmad.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 19:82–95.

Dharmajaya, Agung, and Harmonis Minangkabawi. 2024. “Membangun Kepercayaan Yang Berkelanjutan Di Era Disruptif Komunikasi: Perspektif Media Dan Komunikasi Digital.” Jurnal Komunikasi 18(2):265–80. doi: 10.20885/komunikasi.vol18.iss2.art9.

Jatmiko, Novi Satria. 2022. “Strategi Pemasaran Ideal Di Era Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM.” PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat 4(2):253. doi: 10.30872/plakat.v4i2.8955.

Minarni, Endang Warih, Darini Sri Utami, and Nur Prihatiningsih. 2017. “Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Dengan Budidaya Sayuran Organik Dataran Rendah Berbasis Kearifan Lokal Dan Berkelanjutan.” Jppm: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1(2):147. doi: 10.30595/jppm.v1i2.1949.

Nadila. 2024. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran.” JUPSI: Jurnal Pendidikan Sosial Indonesia 2(1):37–46. doi: 10.62238/jupsijurnalpendidikansosialindonesia.v2i1.72.

Putra, Dyan Triana, Idam Wahyudi, Rissa Megavitry, and Asep Supriadi. 2023. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan Dan Tantangan Di Era Digital.” Jurnal Multidisiplin West Science 2(08). doi: 10.58812/jmws.v2i08.590.

Rattu, Praysi Nataly, Novie R. Pioh, and Stefanus Sampe. 2022. “Optimalisasi Budaya Organisasi.” Jurnal Governance 2(1):1–9.

Rhofita, Erry Ika Rhofita. 2022. “Optimalisasi Sumber Daya Pertanian Indonesia Untuk Mendukung Program Ketahanan Pangan Dan Energi Nasional.” Jurnal Ketahanan Nasional 28(1):82. doi: 10.22146/jkn.71642.

Yeni Pramita, Keppi Sukesih, and Reza Safitri. 2023. “Model Strategi Adaptasi Kelompok Wanita Tani (KWT) Melalui Digital Marketing Sebagai Penanggulangan Pandemi COVID-19.” Jurnal Penyuluhan 19(01):141–58. doi: 10.25015/19202342709




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i2.6186

Article Metrics

Abstract views : 113 times | PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/