PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS SAMPAN INSTITUTE DI PARE-PARE

Indrabayu Indrabayu, Muhammad Abdillah Rahmat, Dwiana Fajriati Dewi, Rafiqa Nurcahyani Ibrahim, Siti Nur Anisah, Mutiah Arinil Fayza Nusar, Nadia Indriani Sumardi, Intan Intan, Mahdaniar Mahdaniar

Abstract


Rendahnya literasi digital masyarakat menjadi tantangan serius dalam menghadapi era informasi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan literasi digital melalui pelatihan berbasis pendekatan partisipatif. Metode yang digunakan adalah Program Kemitraan Masyarakat (PK-M) dengan melibatkan Komunitas Sampan Institute di Parepare sebagai mitra aktif. Data dikumpulkan melalui observasi, FGD, dan instrumen pre-test serta post-test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai peserta meningkat dari 56,3 menjadi 91,3. Peningkatan juga terlihat pada tiap butir soal, termasuk soal yang sebelumnya banyak dijawab salah. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan tidak hanya berhasil memperkuat aspek teknis, tetapi juga menumbuhkan kesadaran kritis terhadap keamanan dan etika digital. Intervensi ini terbukti efektif dan relevan untuk pemberdayaan komunitas secara berkelanjutan.


Keywords


Literasi Digital; Komunitas Baca; Pemberdayaan Masyarakat; Pelatihan Partisipatif

Full Text:

PDF

References


Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1-12.

Bakar, M. A., Fathahillah, & Vitalocca, D. (2024). Pengukuran keterampilan literasi digital siswa di UPTD. JIMU: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/jimu/article/download/593/329/1390

CNBC Indonesia. (2024). Minim baca, anak-anak Indonesia darurat literasi! https://www.cnbcindonesia.com/research/20241214152735-128-595993/minim-baca-anak-anak-indonesia-darurat-literasi

GoodStats. (2024). Posisi Indonesia di PISA 2022, siapkah untuk 2025? https://goodstats.id/article/posisi-indonesia-di-pisa-2022-siapkah-untuk-2025-6RLyK

GoodStats. (2024). Intenet Makin Merata, Hoaks makin Meluas? https://goodstats.id/article/internet-makin-merata-hoaks-semakin-meluas-peningkatan-pengguna-internet-di-indonesia-2024-TpUiO

Katadata.co.id. (2022, 10 Juni). Penetrasi Internet di Kalangan Remaja Tertinggi di Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/d100bd73a8e3529/penetrasi-internet-di-kalangan-remaja-tertinggi-di-indonesia

Komdigi. (2020). Teknologi masyarakat Indonesia: Malas baca tapi cerewet di medsos. https://www.komdigi.go.id/berita/pengumuman/detail/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos

Momuat, W. K. P., Boham, A., & Runtuwene, A. (2021). Peran komunitas literasi dalam mendukung minat baca generasi milenial di Rumah Baca Cafe Kota Kotamobagu. Acta Diurna Komunikasi, 3(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/36166




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jp.v5i3.6446

Article Metrics

Abstract views : 69 times | PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038

Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by :

 
   

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

 

https://ihdn.ac.id/