PENDAMPINGAN UMKM BOLU PISANG REDESAIGN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS POLEWALI
Abstract
Sektor pariwisata Polewali Mandar menghadapi kendala dalam pengembangan oleh-oleh khas daerah. Penelitian ini berfokus pada inovasi produk Bolu Malolo dari UKM Toko Kue Rezky melalui redesain kemasan, branding, pemasaran digital, dan manajemen keuangan. Metode yang digunakan meliputi koordinasi mitra, FGD, pendampingan pembuatan toko online dan media sosial, sosialisasi kerja sama reseller, redesain kemasan eksklusif dengan motif lokal, desain logo "Bolu Malolo", pembuatan label informatif, pelatihan manajemen keuangan, diversifikasi produk, dan launching. Hasilnya, Bolu Malolo berhasil di re-branding dengan kemasan menarik dan identitas visual kuat, didukung promosi digital efektif via Instagram dan Facebook, serta digitalisasi pencatatan keuangan. Inovasi ini meningkatkan daya saing produk, mendukung ekonomi kreatif lokal, dan memperkuat citra Polewali Mandar sebagai destinasi wisata dengan oleh-oleh berkualitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmira A, Muin R, Hindi MA. STRATEGI PEMASARAN GULA AREN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID19. J Peqguruang Conf Ser. 2021 May 31;3(1):445.
Harlan, F. B., Mulyaningtyas, D., Wirawan, A., Mulyana, A. E., Ikhlash, M., Sari, D. R., & Olifia, J. (2024). Pendampingan pembuatan digital marketing untuk meningkatkan brand value UMKM Di Kota Batam. Journal of Sustainable Community Development, 2(1), 43-49.
Hindi A, Soerachmad Y, Lestari WI. SOSIALISASI PEMBERDAYAAN DASAWISMA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMK) DI DESA BUMIMULYO. SIPISSANGNGI J Pengabdi Kpd Masy. 2023 Mar 15;3(1):49.
Jamil, M., Mutmainnah, D., & Azizah, M. (2022). Pendampingan Manajemen Usaha Dan Manajemen Keuangan Pada Umkm Bakul Kembang Official Kelurahan Kedurus Kecamatan Karang Pilang Kota Surabaya. Share: Journal of Service Learning, 8(2), 196-207.
Malik A, Jannah M, Arsani AM, Aris A, Saputri MH. PENINGKATAN MARKET VALUE GULA SEMUT KELOMPOK WANITA TANI MELALUI DESAIN BRAND LABELLING DAN KEMASAN. SIPISSANGNGI J Pengabdi Kpd Masy. 2024 Sep 23;4(3):299
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Rahayu, A., Sahabuddin, C., Malik, A., Sukmawati, S., & Haeruddin, H. (2025). Transformasi Tata Kelola BumDes: Pendampingan Strategis Manajemen SDM dan Keuangan di Desa Pappandangan, Polman. MAMMIRI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 40-46.Naufal, A. R., Ngizudin, R., & Rachdantia, D. (2025). Penerapan Digitalisasi Koperasi dan Pemasaran serta Pendampingan untuk Peningkatan Value Produk UMKM Anggota Koperasi LKMS Kasuwari di Pekalongan Barat. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(1), 140-150.
Sahabuddin C, Rahayu A, Sukmawati S, Malik A. Creative House Strategy For Increasing The Creativity Of Micro, Small And Medium Enterprises (Umkm) Pappandangan Village Polman District. Int J Community Serv. 2024 May 25;4(2):93–9.
Wende, M. E., & As’ari, H. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana UMKM. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(3), 129-132.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
JURNAL SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Gedung LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Sulawesi Barat
Telp./Fax (0428) 21038
Email: sipissangngi@mail.unasman.ac.id
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by :
Member of:
SIPISSANGNGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.