EFISIENSI EKONOMI DALAM PASAR PERSAINGAN SEMPURNA PERSPEKTIF ISLAM

Ruhilawati Ruhilawati, Sudirman Sudirman, Idris Parakkasi

Abstract


Pasar persaingan sempurna adalah kondisi pasar yang ideal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan. Dalam pasar ini, baik pembeli maupun penjual sangat banyak sehingga tidak mungkin untuk menghitung jumlah mereka secara spesifik, memungkinkan hampir semua anggota masyarakat terlibat. Struktur pasar persaingan sempurna dirancang untuk menciptakan iklim perdagangan yang adil dan saling menguntungkan. Dalam sistem ini, terdapat kesepakatan tak tertulis antara pembeli dan penjual untuk menghindari kerugian sepihak. Dengan kata lain, struktur pasar ini dapat dikategorikan sebagai persaingan sempurna dan menawarkan efisiensi yang lebih tinggi dalam proses produksi barang dan jasa dibandingkan dengan jenis pasar persaingan lainnya. Karakteristik utama dari Pasar persaingan sempurna memiliki beberapa karakteristik khas. Pertama, semua perusahaan memproduksi barang yang serupa, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan di antara produk mereka. Kedua, terdapat pengetahuan yang lengkap antara produsen dan konsumen, memungkinkan kedua belah pihak untuk membuat keputusan yang baik berdasarkan informasi yang tersedia. Ketiga, ukuran produksi masing-masing perusahaan relatif kecil jika dibandingkan dengan total output pasar, sehingga tidak ada satu perusahaan pun yang dapat mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan secara keseluruhan. Keempat, perusahaan tidak memiliki kekuatan untuk menentukan harga pasar; harga ditentukan oleh interaksi antara permintaan dan penawaran. Terakhir, perusahaan memiliki kebebasan untuk masuk atau keluar dari pasar tanpa adanya hambatan, yang memungkinkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan kondisi pasar.

 


Keywords


efisiensi; Kesejahteraan; Pasar persaingan Sempurna

Full Text:

PDF

References


Bina Yayasan’ Muwahhidin, Al-Qur’an dan Terjemah,Surabaya: Sukses Publishing, 2012.

Forum Tentor, Semua Soal Ulangan Ekonomi SMA Diambil Dari Buku Ini, Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2016

https://chatgpt.com/2024

Joko Untoro & Tim Guru Indonesia, Buku Pintar Pelajaran Ringkasan Materi Lengkap dan Kumpulan Rumus Lengkap: Agromedia Pustaka,2010

Karim, A. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Kennedy. 2014.

Martina, “Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna (Price Taker)”, Ukirama, 2019.

Mustafa Edwin Nasution, dkk., Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

N. (2020). STRUKTUR PASAR PERSAINGAN SEMPURNA. Retrieved 11 03, 2021, from eprints.umsida.ac.id: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6996

Ni’matul Fitria Mukaromah, PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA DALAM PERSPEKTIF ISLAM, Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan 4 (2) 2020. P: 01-16, https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit

Nurhayati, H. (2018), Retrieved from academia.edu: https://www.academia.edu/37876248/MAKALAH_PASAR_PERSAINGAN_SEMPURNA

P. S. (2018). Modul Ekonomi Mikro Pasar Persaingan Sempurna. UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA, FAKULTAS EKONOMI, Jakarta. Retrieved 11 02, 2021

Qardhawi Yusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insan Press, 1997.

Sardjono, S. (2009). MASALAH PENGENAAN PAJAK DAN UPAYA MENGHINDARI DITINJAU DARI TEORI EKONOMI MIKRO. DIE – Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 5(4), 69-103.

Siti Rahmawati Arifin, PANDANGAN IBNU TAIMIYAH DAN IBNU KHALDUN TENTANG MEKANISME PASAR, AL-INFAQ: Jurnal Ekonomi Islam, (ISSN: 2087-2178, e-ISSN: 2579-6453) Vol. 12 No. 2 (2021)

Supriadi, S. (2013). Penetapan Standar Harga Jual Beli dalam Konsep Islam (Doctoral dissertation, UIN Alauddin Makassar).

T. Gilarso, Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro,Yogyakarta: Kanisius, 2003

Zaini, A. A. (2014). PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DALAM PESPEKTIF EKONOMI ISLAM. Jurnal Ummul Qura, Iv (4), 88-104




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jalif.v9i2.5331

Article Metrics

Abstract views : 14 times | PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam



Alamat Penyunting & Distribusi:

J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam
Gedung Fakultas AgamaIslam Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: jurnalalif@gmail.com

Website:https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jalif

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

    

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah dan Budaya Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats