Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

KETENTUAN UMUM:

  1. Penulis telah memastikan bahwa naskah yang diajukan belum pernah diterbitkan dan atau tidak sedang dalam proses evaluasi publikasi lain;
  2. Telah mendapat persetujuan dari ko-penulis, jika ada, sebagai pihak yang sama-sama bertanggung jawab terhadap naskah.
  3. Isi naskah dalam penyajian keilmuan merupakan tanggung jawab penulis , sehingga penerbit tidak akan bertanggung jawab terhadap klaim atau permintaan kompensasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan isi naskah tersebut.
  4. Naskah yang diajukan diwajibkan dikirim secara elektronik dengan sistem submission yang telah disiapkan sistem dengan terlebih dahulu melakukan registrasi sebagai penulis.
  5. Naskah yang diajukan harus dalam kondisi baik, diketik sesuai standar penulisan dan template yang disediakan.

 

ATURAN UMUM

  1. Manuskrip diketik dengan program Mirosoft Word versi 2003-2007 dan yang terkini, huruf Times New Roman berukuran 12 point, jarak 1,5 spasi, diberi line numbers (continues), ukuran A4, dengan garis tepi 3 cm, maksimal 16 halaman termasuk abstrak, gambar/tabel olahan.
  2. Sistematika penulisan manuskrip hasil penelitian meliputi: (1) judul, nama penulis (lengkap tanpa singkatan), instansi dan alamat, korespondensi penulis (e-mail dan nomor kontak penulis), (2) Abstrak; (3) kata kunci, (4) Pendahuluan (tanpa sub judul, memuat latar belakang, justifikasi, dan tujuan penelitian), (5) Bahan, dan Metode, (6) Hasil, (7) Pembahasan, (8) Kesimpulan, (9) Saran, (10) Ucapan Terima Kasih, (11) Daftar Rujukan (minimal 10, tidak lebih dari 10 tahun terakhir).
  3. Sistematika penulisan kajian/riview meliputi: judul, nama penulis (lengkap tanpa singkatan), instansi dan alamat, korespondensi penulis (e-mail dan nomor kontak penulis), abstrak disertai kata kunci, pendahuluan, subjudul-subjudul (sesuai kebutuhan), metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan dan saran, ucapan terima kasih, daftar pustaka (min.25 rujukan, tidak lebih dari 10 tahun terakhir).
  4. Judul ditulis singkat, jelas, informatif, tidak menggunakan singkatan, dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Maksimal 18 kata, bila terlalu panjang bisa dipotong menjadi anak judul.
  5. Nama penulis ditulis lengkap tanpa singkatan, jika lebih dari satu instansi bedakan dengan nomor.
  6. Cantumkan alamat email untuk korespondensi. Beri tanda bintang pada nama penulis yang digunakan sebagai koresponden.
  7. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia, berkisar antara 150- 200 kata, tanpa sub judul, diketik mengalir dalam 1 alinea, menggunakan 1 spasi dan dilengkapi dengan 3-5 kata kunci (keywords). Abstrak berisi informasi tentang justifikasi/alasan dilakukan penelitian/kajian, tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.
  8. Pendahuluan tanpa sub judul memuat latar belakang masalah, tinjauan pustaka yang terkait masalah, dan masalah/tujuan penelitian.
  9. Bahan dan Metode untuk manuskrip hasil penelitian menjelaskan tentang materi/komponen/objek yang diteliti, desain, sampel, metode sampling, teknik analisis.
  10. Metode untuk manuskrip kajian berisi tentang strategi pencarian literature, kriteria inklusi/eksklusi, cara memperoleh artikel, metode review (klasifikasi artikel, lembar pencatatan data), presentasi data, hasil berisi temuan penelitian /kajian.
  11. Tabel, grafik dan gambar disisipkan dalam naskah, tidak terpisah di halaman tersendiri, maksimal 5 tabel dan 3 grafik/gambar,
  12. Pembahasan berisi bahasan tentang temuan termasuk menjawab pertanyaan penelitian dan mengupas hal-hal terkait dengan tujuan penelitian dibandingkan/diselaraskan dengan hasil penelitian lain. Tidak mengulang hasil/keterangan tabel/gambar
  13. Kesimpulan berasal dari pembahasan berisi tentang pernyataan ringkas terkait dengan hasil untuk menjawab tujuan umum penelitian, dibuat dalam bentuk narasi paragraph, bukan poin-poin.
  14. Saran diarahkan untuk menyelesaikan masalah sesuai temuan dan masukan kepada pemangku kepentingan.
  15. Ucapan terimakasih disampaikan kepada lembaga dan/atau pihak yang membantu pnelitian dan pemberi dana penelitian.

Daftar pustaka ditulis sesuai dengan nomor pemunculan dalam teks, tidak lebih dari 10 (sepuluh) tahun terakhir, 80% berupa acuan primer (dari artikel jurnal) menggunakan sistem Vancouver/American dengan penjelasan sebagai berikut:

a. Artikel yang bersumber dari jurnal

  • Nama penulis. Judul artikel. Singkatan nama jurnal. Tahun, bulan (bila ada), tanggal (bila ada), volume, nomor, halaman.
  • Nama penulis disebutkan nama keluarga lalu (tanpa koma) singkatan inisial nama diri dan (given name) nama panjang (middle name) yang tidak dipisahkan spasi. Misal: Halpern SD, Ubel PA. Halpern adalah nama keluarga, SD adalah singkatan inisial nama depan dan nama panjang.
  • Bila penulis jumlahnya 6, maka semua nama dicantumkan. Bila jumlahnya melebihi 6,maka hanya 6 pertama yang dicantumkan, selanjutnya dituliskan sebagai et all.
  • Gunakan huruf besar seminim mungkin, hanya pada huruf pertama maupun kata-kata yang memang harus menggunakan huruf besar.
  • Gunakan singkatan nama jurnal yang dibakukan pada situs web NML (national medical library), di http://www.nlm.nih. gov.tsd/serials/Iji/html tanpa titik di akhir setiap singkatan, kecuali di akhir.
  • Singkatan bulan jurnal diterbitkan adalah tiga huruf pertama
  • Gunakan tanda semicolon tanpa spasi setelah pencantuman tanggal atau tahun (bila tidak ada tangga/bulan), dan colon setelah volume dan nomor.
  • Gunakan rentang jumlah halaman, yaitu halaman pertama dan terakhir tanpa pengulangan angka yang tidak ada gunanya. Misal: 284-7 dan bukan 284-287. Contoh:

b. Artikel jurnal secara umum
Misalnya:
1. Kasapis C, Thompson PD. The effects of physical activity on serum C—reactive protein and inflammatory markers. A systematic review. 1 Am Coll Cardio1.2005;45(10):1563-9.
2. Atau (bila jurnal tersebut memiliki paginasi yang berkesinambungan)
Misalnya:
1. Halpern SD, Ubel PA, Caplan AL. Solid organ transplantation in HIV—infected patients. N Engl J Med. 2002;347:284-7.
3. Penulis lebih dari 6 orang:
Misalnya:
1. Ennis JL, Chung KK, Renz EM, Barillo DJ, Albrecht MC, Jones JA, et al. Joint theater trauma system implementation of burn resuscitation guidelines improves outcomes in severely burned military casualties. J Trauma. 2008;64:S146— S152
4. Bila terdapat identifikasi unik, maka informasi tersebut dapat dicantumkan pada daftar pustaka:
Misalnya:
1. Halpern SD, Ubel PA, Caplan AL. Solid organ transplantation in HI V-infected patients. N Engl. J Med. 2002;347:284- PubMed PMID: 12140307.
5. Untuk jurnal yang penulisnya adalah suatu organisasi:
Misalnya:
1. EAST Practice Guideline Committee. Resuscitation endpoints. J Trauma. 2004;57(4):898-912
b. Artikel yang bersumber dari buku:
• Sebagaimana artikel pada jurnal, bila jumlah penulis lebih dari 6 orang, maka penulis ke 6 dan seterusnya dicantumkan sebagai et al.
• Bila penulisnya adalah suatu organisasi, dituliskan dengan tatacara sebagaimana penulisan daftar pustaka pada artikel.
• Judul buku ditulis dengan huruf besar minimal sebagaimana penulisan daftar pustaka pada artikel.
• Nomor edisi hanya dicantumkan untuk edisi kedua dan atau seterusnya.
• Titik hanya dicantumkan di akhir singkatan inisial nama depan dan nama panjang penulis terakhir, setelah judul buku. setelah nomor edisi, dan di akhir penulisan halaman.
• Personal author(s) dituliskan sebagai berikut. Penulis, judul buku, edisi (bila ada, dan bukan yang pertama), kota, tahun diterbitkan.
1. Murray RP, Rosenthal KS, Kobayashi FS, Pfaller MA. Medical microbiology. 4th ed. St. Louis: Mosby;2002
c. Artikel yang bersumber dari suatu bab dalam buku:
• Penulis yang artikelnya disitasi, judul bb, editor, judul buku, tempat diterbitkan, penertbit, tahun, volume (bila ada) dan halaman. Catatan: halaman menggunakan p.(untuk page atau pages); tidak digunakan pada artikel jurnal. Missal:
1. Salyapongse SN, Billiar TR. Nitric oxide as a modulator of sepsis: therapeutic possibilities. In: baue AE, Faist E, Fry DE, editors. Multiple organ failure: pathophysiology, prevention and therapy. New York: springer; 2000; p.176-87
d. Artikel yang bersumber dari suatu thesis/disertasi:
• Penulis, judul skripsi/thesis/disertasi diikuti jenisnya dama kurung kotak, kota, nama universitas, tahun.
Misalnya:
1. Kaplan SJ. Post-hospital home health care: the elderly’s access and utilization (dissertation). St. Luois )MO): Washington Univ.;1995
e. Artikel yang bersumber dari surat kabar
• Penulis (bila ada), judul artikel, judul surat kabar, tahun, bulan, tanggal, section (bila ada), halaman, kolom.
• Singkatan baku untuk surat kabar: Sect. untuk section, col. untuk kolom, untuk bulan digunakan singkatan tiga huruf pertama.
• Tanggal diikuti semicolon (tanpa spasi sesudahnya) dan section diakhiri dengan colon (tanpa spasi sesudahnya).
Misalnya:
1. Tynan T. Medical improvements lower homicide rate: study sees drops in assault rate. The Washington Post. 2002. Aug 12;Sect. A:2 (col. 4)
f. Artikel yang bersumber dari audiovisual
• Untuk referensi audiovisual seperti pita rekaman, kaset video, slides dan film, ikuti format seperti pada buku dengan mencantumkan media (jenis material) dalam kurung kotak setelah judul.
Misalnya:
1. Chason KW, Sallustio S. Hospital preparedness for bioterrorism [videocassette]. Secausus (NJ): Network for Continuing Medical Education; 2002.
2. Artikel yang bersumber dari media elektronik
g. Internet
• Untuk referensi artikel yang dipublikasi di internet, ikuti detil bibiliografi sebagai jurnal yang dicetak dengan tambahan sebagai berikut:
 Setelah judul jurnal (dalam singkatan), tambahkan internet dalam kurung kotak.
 Tanggal melakukan sitasi materi bersangkutan dengan tahun, bulan tanggal (dalam singkatan) dalam kurung kotak tanpa tanda titik dan diikuti oleh semicolon [cited 2002 Aug12];
 Setelah volume dan nomor issue, tambahkan jumlah halaman layar dalam kurung kotak [about 1p.].
 Gunakan kalimat ‘available from:’yang diikuti URL (alamat web)
Misal:
1. Abood S. Quality improvement initiative in nursing homes: the ANA acts in an advisory role. Am J Nurs [internet]. 2002 Jun [cited 2002 Aug 12]; 102(6):[about 1p.]. Available from http://www.nursingworld.org/AJN/2002/June/ Wawatch.htm

h. Home page/situs web
• Referensi dari situs web harus menyertakan home page / situs web diikuti [internet], nama dan lokasi organisasi, beserta tanggal dan masa berlakunya copyright. Tanggal update dan saat materi disitasi dicantumkan dalam kurung kotak. URL dicantumkan setelah ‘Available from:
Misalnya:
1. Cancer–Pain.org [internet]. New York: Association of Cancer Online Resources, In.;c2000–01 [updated 2002 May 16; cited 2002 Jul 9]. Available from: http://www.cancer–pain.org/

Contoh lebih detil untuk referensi menurut sistem Vancouver dapat ditelusuri pada situs web: http://www.nlm.nih.gov/bsd/uni-form_requirements.html.
Disarankan untuk menyusun Daftar Pustaka/referensi menggunakan aplikasi seperti Mendeley, End Note, Zotero, dll

1. Jurnal Kesehatan Masyarakat hanya menerima manuskrip yang belum pernah dan tidak akan dipublikasikan pada media lain berupa hasil penelitian, kajian/review di bidang kesehatan

2. Manuskrip yang diserahkan belum pernah dipublikasikan, tidak sedang dalam proses review di jurnal /media lain, dan selama dalam proses penerbitan di Jurnal Kesehatan tidak akan dicabut/dialihkan ke jurnal/media yang lain. Hal ini dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang ditandatangani di atas materai oleh semua penulis.

3. Hak cipta seluruh isi naskah yang telah dimuat beralih kepada penerbit jurnal dan seluruh isinya tidak dapat dilakukan reproduksi dalam bentuk apapun tanpa izin penerbit.

4. Penelitian yang mengikutsertakan manusia sebagai subyek dan memanfaatkan hewan sebagai percobaan harus melampirkan Lolos Kaji Etik (Ethical Clearance)

5. Seluruh pernyataan dalam artikel menjadi tanggung jawab penulis.
Manuskrip dalam bentuk hardcopy dan softcopy manuskrip dikirim kepada :

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
  • Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
  • Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Open Access).

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.