Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja Berdasarkan Hasil Investigasi Kecelakaan Kerja Di PT. PAL Indonesia

Maarifah Dahlan

Abstract


Kecelakaan kerja adalah suatu kejadian yang jelas tidak dikehendaki dan sering kali tidak terduga semula yang dapat menimbulkan kerugian baik waktu, harta benda, atau property maupun korban jiwa yang terjadi di dalam suat proses kerja industry atau yang berkaitan dengannya (Tarwaka, 2008). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenis explanatory reseach. Subyek penelitian adalah seluruh pekerja yang pernah mengalami keselakaan kerja berdasarkan laporan hasil investigasi kecelakaan. Analisis data dilakukan untuk melihat faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan dilihat dari faktor lingkungan sosial (social environment), kesalahan manusia (fault of person), Perilaku atau kondisi tidak aman (unsafe act or condition), kecelakaan (accident), dan cidera (injury) Hasil penelitian menyatakan Penyebab dasar kecelakaan yang terjadi selama tahun 2013 di PT. PAL yang terlaporkan, 11 kejadian kecelakaan tersebut disebabkan karena tindakan dan kondisi tidak aman (unsafe act or condition). Berdasarkan hasil perhitungan Safe-T score sebagai dasar untuk pelaksanaan evaluasi upaya K3 yang telah dilakukan, nilai yang diperoleh adalah 1,89 yang berarti bahwa perubahan angka kejadian kecelakaan tahun 2012 dan 2013 tersebut secara statistik tidak bermakna. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu Komitmen dan keterlibatan pihak manajemen untuk membentuk budaya K3 yang positif dan mempunyai sistem manajemen K3 (SMK3) yang efektif dapat menunjang pelaksanaan K3 di perusahaan dan dapat mencegah terjadinya unsafe act oleh pekerja serta lingkungan atau kondisi yang tidak aman.

Keywords


Kecelakaan kerja; Investigasi Kecelakaan

Full Text:

PDF

References


BSN. Metode Perhitungan Tingkat Kekerapan dan Tingkat Keparahan Cidera Di Pertambangan. http://horaspasaribu.files.wordpress.com/2010/10/13-6618-2001-metode-penghitungan-tingkat-kekerapan-dan-tingkat-keparahan-cedera-akibat-kerja-di-pertambangan-umum.pdf. Diakses Tanggal 17 September 2014.

Christina, Wieke. 2012. Pengaruh Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Proyek Konstruksi . http://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/viewFile/193/204. Diakses tanggal 15 September 2014.

Hindarto, Cahyo. 2012. Analisis Investigasi Kecelakaan Pada Karyawan Musiman atau Kontrak Di PT. X Tahun 2009. FKMUI.

Mulyono. 2013. Slide Dasar-Dasar K3. S2 K3 Unair

Tarwaka. 2008. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Manajemen Implementasi K3 di Tempat Kerja). Harapan Press : Surakarta.

Wahyudin, Andi. 2013. Statistik Pengukuran Kinerja K3. http://abunajmu.wordpress.com/2013/02/07/statistik-pengukuran-kinerja-k3/Diakses tanggal 15 september 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v3i1.159

Copyright (c) 2018 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.