Analisis Keberlangsung Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pasca PAMSIMAS) Di Desa Lilli Kecamatan Matangnga Kabupaten Polewali Mandar

Sri Nengsi

Abstract


Pelaksanaan program Pamsimas di Kabupaten Polewali Mandar sudah berjalan selama 3 tahun di mulai pada tahun 2014-2016 yang telah mengajukan rencana kerja masyarakat namun sampai April 2017 ini belum ada penetapan desa dari pusat. Banyaknya permasalahan yang timbul dalam rentang waktu tiga tahun seperti kepedulian masyarakat terhadap fasilitas termasuk pembayaran iuran setiap bulannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberlangsungan program pengelolaan air bersih dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat di Desa Lilli Kecamatan Matangnga Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan analisis isi melalui wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Populasi penelitian ini adalah satker kabupaten, Pakem, DC Pamsimas, Fasilitator Desa, Ketua Badan Pengelola Sarana Air, Pemerintah desa lilli, kepala dusun, bidang desa dan masyarakat pengguna air yang ada diwilayah Desa Lilli Kecamatan Matangnga. dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Proses perencanaan, pengiplementasian dan pemeliharaan program Pamsimas dilakukan oleh masyarakat melalui musyawarah didesa. Keberlangsungan program PAMSIMAS di Desa Lilli dapat dilihat dengan Terpeliharanya manfaat sarana air bersih dan sanitasi sejak dibangun Tahun 2014 sampai dengan penelitian ini berlangsung. Selain itu  terlihat dari terpeliharanya sumber air baku dan masyarakat melalui perubahan perilaku hidup bersih dan sehat; Terbentuknya Badan Pengelola Sarana Air Minum dan Sanitasi (BPSPAM) sebagai Institusi lokal dalam mengelola sarana air bersih. BPSPAM menjadi organisasi yang telah di SK kan oleh Pemerintah Desa, hanya saja BPSPAM ini tidak berbadan hukum sesuai akta notaris dikarenakan prosedur yang belum begitu dipahami oleh pengurus BPSPAM. Dukungan dari pemerintah Desa, toko masyarakat  yang penuh dalam bentuk dukungan moral untuk terus maju dan memberikan pendapat dan pandangan untuk solusi-solusi pemecahan masalah. Peranan masyarakat dalam hal pembayaran iuran rutin bulanan untuk dimanfaatkan sebagai biaya pemeliharaan dan operasional SAB setelah berakhirnya Program PAMSIMAS.


Keywords


Keberlangsungan program; penyediaan air minum; Sanitasi

Full Text:

PDF

References


Arya, J. P. U. C. (2016). Pedoman Umum Program Pamsimas Jakarta: PU Cipta Karya.

Aki, M. (2010). Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Di Tinjau dari Proses Pengembangan Kapasitas Pada Program PNPM Mandiri Perkotaan di desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalaongan. Universitas Diponegoro, Semarang.

Afrizal. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Andi Tenriawaruwaty, Didi Rukmana,Darmawan Salman. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumberdaya Air Secara Berkelanjutan Di Kabupaten Bulukumba. Fakultas Pengelolaan Lingkungan Hidup, Universitas Hasanuddin.

Abdul Kholiq (2014). Evaluasi Keberhasilan Program Air Minum dan Sanitasi(PAMSIMAS)di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Jurnal Ilmu dan Terapan Bidang Tehnik Sipil Vol 20, NO 2.

Chika Chaerunnissa(2014). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis masyarakat di Kabupaten Brebes. Jurnal Politik, Vol. 5, No.2,.

Dea Deviyanti(2013).Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Karang Jati Kecamatan Balikpapa Tengah. Journal Administrasi Negara, 1 (2).

Departemen Pekerjaan Umum. 2016. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program PAMSIMAS. Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2016. Pedoman Umum Pelaksanaan Program PAMSIMAS. Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Jakarta;

Departemen Pekerjaan Umum. 2016. Fieldbook Proses Identifikasi Masalah dan Analisis Situasi. Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Jakarta.

DR. Alfitri, M. S. (2011). Comunity Development Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Djono, T. P. A. (2011). Analisis Keberlanjutan Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan. Universitas Indonesia, Jakarta.

Jonneri M asli,Agus Suwarni, Suharman(2010).Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pengadaan Jamban Keluarga Melalui Community Lead Total Sanitation. Berita Kedokteran Masyarakat.

Leo Ardiansyah, Mubasysyir Hasanbasri, Retna Siwi Padmawati(2009). Upaya Peningkatan Cakupan Kualitas Air Minum Berbasis Masyarakat: Studi Kasus Di Dusun Sekip Desa Lalang Kecamatan Manggar. Working Paper Series.Universitas Gadja Mada.

Lukman Karyadi(2010). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Instalasi Pengolahan Air Limbah(IPAL)Komunal Di RT 30 RW 07 Kelurahan Warungboto,Kecamatan Umbulharjo,Kota Yogyakarta.Universitas Negeri Yogyakarta.

Marlina Tri Astuti,Mardwi Rahdriawan(2013). Evaluasi Pengelolaan Program Pamsimas Di Lingkungan Permukiman Kecamatan Mijen,Semarang. Jurnal Jurnal Teknik P WK Volume 2 Nomor 4.

Maryadeli Danhas, S. M. S. (2016). Program 100-0-100 Untuk Indonesia Bersih Dan Sehat.

Maharana, N. (2015). Hubungan Pelaksanaan Program Pamsimas dengan Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Desa Merpang Kec Runcung Agung Kabupaten Oku Selatan Sumatera Selatan. Universitas Lampung, Lampung.

Nugroho, A. A., & Maryono. (2016). Peluang Keberlanjutan Program Penyediaan Air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Kendal. Pembangunan Wilayah & Kota, 12(14).

Pranata, U. (2012). Analisis Keberlangsungan Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi(Pasca WSLIC 2)Di Desa Karangsuko Kabupaten Malang. Universitas Indonesia, Depok.

Ridwan Hafidh, Fibriliana Kartika, Aulia Ulfah Farahdiba(2016). Keberlanjutan Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (Ipal) Berbasis Masyarakat, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan Volume 8, Nomor 1.

Saskya Sastaviana (2010) Penentuan Modal Sistem Penyediaan Air MinumYang Berkelanjutan Di Kabupaten Subang.Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 21 No. 2.

Safira Insani (2016). Efektifitas Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(PAMSIMAS) Di Temanggung.Jurnal.

Stepanus Henryk(2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kelurahan Sungai Keledang Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan,1 ,(2).

Soetomo.2011.Pemberdayaan Masyarakat Jakarta:Pustaka Pelajar

Sumaryadi. (2005). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV Citra Utama.

Supardi Ahmad (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Di Desa Kurrak Kec Tapanggo Kab Polewali Mandar. Tesis.Makassar.Universitas Muslim Indonesia.

Sipahelut, Michel. 2010. Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Tesis. IPB. Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v4i1.233

Copyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.