Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri Tenaga Outsourcing Distribusi Di PT PLN (Persero) Rayon Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar

Sukmawati Sukmawati, Andriyani Andriyani

Abstract


Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) merupakan salah satu cara untuk menghindari bahaya kecelakaan. APD adalah seperangkat alat kerja yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi seluruh atau sebagian tubuhnya dari adanya kemungkinan potensi bahaya untuk kecelakaan kerja. APD tidaklah secara sempurna dapat melindungi tubuh tetapi akan mengurangi tingkat keparahan kecelakaan yang terjadi. Meskipun telah menggunakan alat pelindung diri usaha pencegahan secara teknis adalah yang paling utama oleh karena itu manfaat yang pokok pada penggunaan APD yaitu untuk menghindari dan mengurangi terjadinya kecelakaan atau gangguan kesehatan tenaga kerja yang membawa implikasi yang positif bagi karyawan dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan penggunaan APD Tenaga Outsourcing Distribusi di PT.PLN (Persero) Rayon Wonomulyo Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dalam bentuk distribusi frekuensi persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 93,8% memiliki pengetahuan cukup dan yang memiliki pengetahuan yang kurang sebesar 6,2% pada tenaga outsourcing distribusi di PT.PLN (Persero) Rayon Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar dan yang memiliki sikap negatif dalam penggunaan APD pada tenaga distribusi sebesar 15,6%, yang memiliki sikap positif sebesar 84,4% dan yang melakukan tindakan kurang baik sebesar 9,4%, yang melakukan tindakan yang baik sebesar 90,6%Sebaiknya tetap meningkatkan aplikasi pengetahuan yang telah ada melalui pelatihan APD pada tenaga kerja dan tetap menanamkan kesadaran untuk selalu menggunakan APD.


Keywords


PLN; Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)

Full Text:

PDF

References


Fathul, SM. Analisis Perilaku Beresiko Pada Pekerja Unit Usaha Las Sektor Informal di Kelurahan Gondrong Tahun 2008.Universitas Indonesia.

Febrianty Dahmila. Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri oleh Bidan di Desa Pada Waktu Melakukan Pertolongan Persalinan di Rumah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Tahun 2012.

Iqbal Muhammad. Gambaran faktor-faktor perilaku penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja di departemen metalforming PT. Dirgantara Indonesia (Persero).

Kunto, Ikhwan Alfarisi. Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Indonesia

Kurniawidjaja L. Meily. Teori dan Aplikasi Kesehatan Kerja. Jakarta : Universitas Indonesia-Press. 2010

Koordinator Distribusi Tenaga Outsorcing di PT. PLN (Persero) Rayon Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2016.

Nesyi Inna Barisqi. Hubungan Antara Kepatuhan Penggunaan APD dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Bangunan PT. Adhi Karya Tbk Proyek Rumah Sakit Telogorejo Semarang.

Priyambodo Danang. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Praktik Pemakaian Alat Pelindung Diri Pernafasan Pada Pekerja Industri Meubel PT.ALBISINDO Timber (Sukun Grup Kudus).

Prof. Dr. Notoatmodjo Soekidjo. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Cet kedua juli. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Reni. Pemakaian Alat Pelindung Diri Sebagai Upaya Dalam Memberikan Perlindungan Bagi Tenaga Kerja Di Ruang Cetak Pt. Air Mancur Palur.

Siburian Apriliani. Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri Terhadap Keselamatan Kerja Perawat IGD RSUD Pasar Rebo Tahun 2012.

Trisiani Desi dkk. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Pekerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri Di Departemen Engineering PT. Kertas Trimitra Mandiri Bojongsoang Kabupaten Bandung Tahun 2012.

Undang Undang No. 1 Tahun 1970 Tentang : Keselamatan Kerja

Wawan dan Dewi M. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Cet. Ke-II, Juli. Yogyakarta : Nuha Medika. 2010.




Copyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.