Studi Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien JKN Rawat Inap Kelas III Di RSUD Polewali Kabupaten Polewali Mandar
Abstract
Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan maka fungsi pelayanan perlu diitingkatkan untuk memberi kepuasan pasien. Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat dipenuhinya kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap asuhan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi yang baik dengan pemanfaatan sumber daya secara wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan kemampuan pemerintah dan masyarakat, serta diselenggarakan secara aman dan memuaskan pelanggan sesuai dengan norma dan etika yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan kesehatan pasien JKN rawat inap kelas III di RSUD Polewali Kabupaten Polewali Mandar berdasarkan dimensi kehandalan, jaminan, bukti fisik, perhatian dan daya tanggap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 82 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mutu pelayanan kesehatan berdasarkan variabel kehandalan tergolong dalam kategori puas yaitu sebanyak 58 responden (70,73 %), variabel jaminan tergolong dalam kategori puas yaitu sebanyak 75 responden (91,47 %), variabel bukti fisik tergolong dalam kategori puas sebanyak 51 responden (62,2 %), variabel perhatian tergolong dalam kategori puas yaitu sebanyak 59 responden (71,95 %) dan variabel daya tanggap tergolong dalam kategori puas yaitu sebanyak 63 responden (76,83 %).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasmito, W., 2009. Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit Jakarta : PT. Raja Grafinda Persada
Alamsyah, D., 2012. Manajemen Pelayanan Kesehatan Yogyakarta : Nuha Medika
Asmita, P., 2008. Analisis Pengaruh Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Dokter terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan rumah Sakit Panti Wilasa Citarum. Semarang : UNDIP
Azwar, A., dalam Din ISO 8402, 1984. Pengantar Administrasi kesehatan Jakarta : Bagian Ilmu Kedokteran FKUI : Jakarta
Al-Assaf, 1998. Pengantar Administrasi kesehatan Jakarta : Bagian Ilmu Kedokteran FKUI : Jakarta
Buchbinder, S.B., 2014. Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Burhanuddin, N., 2015. Studi Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Massenga Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar.
Bustami, 2011. dalam Brown L. D. et. al. 1985. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya Jakarta : Erlangga
Azwar A.1999. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya Jakarta : Erlangga
Depkes RI, 2009. Profil Kesehatan Indonesia 2008 Jakarta.
www.depkes.go.id (diakses 16 September 2015)
Eka H, 2015. Rumah Sakit Pertama di Sumatera yang Berstandar Internasional. Pekanbaru. www.ekahospital.com (diakses Januari 2016)
Firdaus F. F., 2015. Evaluasi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSUD Panembahan Senopati Bantul
Hasna, 2012. Studi Kepuasan Pelaksanakan Pelayanan Antenatal di Puskesmas Ujung Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.
Hidayat, A. A., 2007. Metode Penelitian kebidanan Teknik Analisis Data Jakarta : Salemba Medika
, 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data Jakarta : Salemba Medika
Ismaya, E. A., 2012. Globalisasi Kesehatan Menghempas Indonesia (Pelayanan Rumah Sakit Tidak Terjangkau Masyarakat Miskin
www.erikaditiaismaya.blogspot.co.id/2012/04/globalisasi-kesehatan-menghempas.html (diakses 29 Desember 2015)
Jamaluddin, Ambas J., & Anwar M., 2014. Pedoman Punulisan Laporan Polewali : Unasman.
Kemenkes RI, 2013. Buku Saku Frequently Asked Questions (FAQ) BPJS Kesehatan www.kemkes.go.id (diakses 25 Januari 2015)
, 2014. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional
Miswar, I., 2012. Perbedaan Persepsi Pasien dengan Petugas terhadap Mutu Layanan Rawat Jalan di Puskesmas Sarolangun Tahun 2011. Depok : FKM UI
Ningrum, R.M., 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS terhadap Kepuasan Pasien di Poli Klinik THT Rumkital Dr. Ramelan. Surabaya : STIKES Hang Tuah
Nursalam, 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Jakarta : Salemba Medika
Sabarguna, B. S., 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit Jakarta : Sagung Seto
, 2008. Manajemen Kinerja Pelayanan Rumah Sakit Jakarta : Sagung Seto
Sofyan, 2011. Hubungan Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna Jamkesmas di Ruangan Seroja RS Undata Palu
Somantri, A., 2006. Skala Pengukuran Penelitian..Jakarta
Sugiono, 2010. Metode Penelitian Administrasi Bandung : Alfabeta
, 2013. Metode Penelitian Manajemen Bandung : Alfabeta
Suparyanto, 2011. Mutu Pelayanan Kesehatan. (diakses 13 September 2015)www.dr-suparyanto.blogspot.com/.../mutu-pelayanan-kesehatan.
Ulinuha, F. E., 2014. Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Permata Medika. Semarang
UU RI, 2004. Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta
Wanarto, G.B, 2013. Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Oleh Pelanggan. Jawa Timur : Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES)
Widyatun, D., 2012. Mutu Pelayanan Kesehatan. (diakses 11 November 2015)
www.jurnalbidandiah.blogspot.co.id/2012/05/mutu-pelayanan-kesehatan.html
Winda, B. Yuristi, 2013. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja. (Diakses tanggal 03 Agustus 2015) www.windhayuristi@yahoo.com
Yusuf, P., 2013. Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan pada Pasien Rawat Inap di Puskesmas Campalagian dan Puskesmas Mattirobulu Polewali.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v3i2.247
Article Metrics
Abstract views : 1321 times | PDF - 774 timesCopyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Alamat Penyunting & Distribusi:
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: jkesmanfkm@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.