Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar

Nursiah Yaco, Urwatil Wusqa Abidin

Abstract


Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas Sumber Daya Manusia. Status gizi yang baik akan mempengaruhi proses pertumbuhan dari perkembangan anak, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang akan berdampak pada prestasi belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada remaja siswa di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah status gizi siswa terhadap prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada remaja siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan nilai p value = 0,025.


Keywords


Status Gizi; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Olivia, Padriyani Steffi, Delmi Sulastri, Nur Afrainin Syah. 2013. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi SMA 1 Negeri Padang. http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article oleh SO Padriyani 2014

Berita Kota Makassar. 25 April, 2010. Ironi Dunia Pendidikan 154 Siswa Tak Lulus UN,1.

Depkes RI. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2010. Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sejati

Legi, N.N. 2012. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Malalayang Kecamatan Malalayang. GiziDo-Jurnal Ilmiah Gizi. RetrievedFromhttp://ejurnal.Poltekkesmanado.ac.id/index.php/gizido/article/view/23.

Nuri Muliani. 2009. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Buyut Udik, Kecamatan Gumung Sugih, Lampung Tengah.https://skripsistikes.wordpress.com

Ristiyati, I.D.2014. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar murid SD Negeri di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Universitas Muhammadiyahh Surakarta. Retrieved From http://eprints.ums.ac.id.

Rosita Hayatus Sa’adah, Rahmatina B. Herman, Susila Sastri. 2014. Hubungan Status gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padang Panjang.

Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syatyawati, Riska. 2013. Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v4i2.252

Article Metrics

Abstract views : 1776 times | PDF - 1833 times


Copyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.