Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar
Abstract
Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas Sumber Daya Manusia. Status gizi yang baik akan mempengaruhi proses pertumbuhan dari perkembangan anak, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang akan berdampak pada prestasi belajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada remaja siswa di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan teknik Simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 77 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah status gizi siswa terhadap prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar pada remaja siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan nilai p value = 0,025.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Olivia, Padriyani Steffi, Delmi Sulastri, Nur Afrainin Syah. 2013. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi SMA 1 Negeri Padang. http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article oleh SO Padriyani 2014
Berita Kota Makassar. 25 April, 2010. Ironi Dunia Pendidikan 154 Siswa Tak Lulus UN,1.
Depkes RI. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2010. Jakarta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Sejati
Legi, N.N. 2012. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Malalayang Kecamatan Malalayang. GiziDo-Jurnal Ilmiah Gizi. RetrievedFromhttp://ejurnal.Poltekkesmanado.ac.id/index.php/gizido/article/view/23.
Nuri Muliani. 2009. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Buyut Udik, Kecamatan Gumung Sugih, Lampung Tengah.https://skripsistikes.wordpress.com
Ristiyati, I.D.2014. Hubungan status gizi dengan prestasi belajar murid SD Negeri di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Universitas Muhammadiyahh Surakarta. Retrieved From http://eprints.ums.ac.id.
Rosita Hayatus Sa’adah, Rahmatina B. Herman, Susila Sastri. 2014. Hubungan Status gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padang Panjang.
Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Syatyawati, Riska. 2013. Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v4i2.252
Article Metrics
Abstract views : 1776 times | PDF - 1833 timesCopyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Alamat Penyunting & Distribusi:
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: jkesmanfkm@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.