FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGUNJUNG TERHADAP KAWASAN TANPA ROKOK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH

Syamsul Naiem Syamsul Naiem, Muhammad Anwar

Abstract


Masalah rokok masih menjadi masalah nasional dan masih menjadi prioritas dalam upaya penanggulangannya karena rokok menyangkut berbagai aspek permasalahan dalam kehidupan, yaitu aspek ekonomi, sosial politik dan kesehatan. Tujuan dalam  penelitian ini untuk melihat faktor apa yang mempengaruhi kepatuhan pengunjung terhadap kawasan tanpa rokok di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu observasional dengan desain cross sectional. Sampel diambil dengan menggunakan metode acak (random sampling) pada 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner dan diolah menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengaruh pengetahuan dengan kepatuhan pengunjung terhadap kawasan tanpa rokok pengunjung di Rumah Sakit Umum dengan nilai p=0.019, ada hubungan sikap dengan kepatuhan pengunjung terhadap kawasan tanpa rokok pengunjung di Rumah Sakit Umum dengan nilai p= 0.019, dan tidak ada hubungan antara media dengan kepatuhan pengunjung terhadap kawasan tanpa rokok dengan nilai p= 0.385. Saran dari peneliti, yaitu dalam upaya meningkatkan kesehatan di lingkungan Rumah Sakit Kabupaten Polewali Mandar terhadap bahaya merokok sebaiknya di buat program penyuluhan melalui pembentukan tim promosi kesehatan mengenai bahaya rokok.

Keywords


Pengetahuan; sikap; kawasan tanpa rokok

Full Text:

PDF

References


Aditama, T.Y. 2006. Rokok dan Kesehatan. Penerbit Universitas Indonesia Press :Jakarta(WHO, 2008). Data epidemik tembakau di dunia World Health Organization(Riskesdas, 2010).

Habibi, H., Surahmawati, S., & Sompo, H. (2016). Gambaran Implementasi Peraturan Daerah Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Pada RSUD Haji dan Rumah Sakit Stella Maris di Kota Makassar Tahun 2015. Al-Sihah: The Public Health Science Journal, 8(2).

Mohamad, F., Prabandari, Y. S., & Priyanto, A. (2012). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Melalui Poster Dengan Partisipasi Siswa di Kabupaten Gorontalo. Berita Kedokteran Masyarakat, 28(1), 29.

Notoatmodjo, S. (2003). Prinsip-prinsip dasar ilmu kesehatan masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta, 10.

Rizkia Amalia tahun 2012 Tingkat pengetahuan dan sikap pengunjung di lingkungan RSUP Dr. Karyadi tentang kawasan tanpa rokok.

Sumarwan, U., Jauzi, A., Mulyana, A., Karno, B. N., Mawardi, P. K., & Nugroho, W.(2011).Riset pemasaran dan konsumen. Panduan Riset Dan Kajian.

StanleyJ.Baran, 2012. Pengantar Komunikasi Massa Jilid1 Edisi 5 (Jakarta: PenerbitErlangga) (Sumahandriyani,2015)




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v5i1.306

Copyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.