FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT IBU DALAM PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI

Yati Sari Nur Indah Sari, Urwatil Wusqa Abidin, Sri Ningsih

Abstract


Gerakan keluarga berencana dilakukan untuk membangun keluarga yang sejahtera maka  program KB merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kesehatan, serta keselamatan ibu dan anak. Kebijakan pemerintah tentang KB saat ini mengarah pada pemakaian metode kontrasepsi jangka panjang, Intra Uterine Device (IUD) adalah salah satu alat kontrasepsi jangka panjang yang paling efektif dan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat ibu dalam pemilihan alat kontrasepsi IUD dengan menggunakan metode survey analitik dengan rancangan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah WUS akseptor KB aktif sebanyak 107 responden yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisis hubungan dengan minat ibu dalam pemilihan alat kontrasepsi IUD menunjukkan pada taraf signifikansi >0,05 diperoleh nilai signifikansi sebesar nilai p=0,149 untuk pengetahuan, nilai p=0,009 untuk dukungan suami, nilai p=0,132 untuk kepemilikan BPJS, nilai p=0,440 untuk media. Faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan minat ibu dalam pemilihan alat kontrasepsi IUD di kelurahan sidodadi adalah pengetahuan, kepemilikan BPJS dan media. Diharapkan bidan untuk memeberikan sosialisasi terkait layanan IUD  dengan BPJS, mitos-mitos, efektivitas dan efek samping IUD serta mengedukasi untuk bergabung dengan program BPJS mendapatkan layanan IUD gratis. Diharapkan suami ikut serta dalam sosialisasi agar suami dapat mendukung istrinya untuk menggunakan IUD.

Keywords


Pengetahuan, dukungan suami; BPJS; media; IUD; minat

Full Text:

PDF

References


Handayani, Sri (2010) Buku Ajar Pelayanan Kesehatan Keluarga Berencana.Yogyakarta: Pustaka Rihama.

William, S. and Surabaya, B. (2017) ‘Menggunakan Kontrasepsi Iud Di Bps Mien Hendro’. Jurnal Kebidanan, Vol. 6 no. 1 hlm. 1-69

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional , BKKBN; 2015 Depkes RI Polewali

Bernadus, Johana. D, 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (Akdr) Bagi Akseptor Kb Di Puskesmas Jailolo.Jurnal Ilmiah Keperawatan (online),Vol. 1, No. 1 hlm. 1-10, Diakses 18 Desember 2018.

Handayani, Desy, 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ibu dalam Pengambilan Keputusan Memilih Alat Kontrasepsi dalam Rahi (AKDR) di Wilayah Bidan Praktik Swasta Titik Sri Suparti Boyolali. Jurnal KESMADASKA (online),Vol.1,No.1hlm.1-85, Diakses 18 Desember 2018.

Hartanto, Hanafi, 2004, Keluarga Berncana Dan Kontrasepsi (Cet. 5) Jakarta :Pustaka Sinar Harapan

FKM, 2018. Buku Panduan Penulisan Skripsi. FKM UNASMAN. Polewali Mandar

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metode Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian manajemen. Alfabeta. Bandung

Hartik, Andi. 2016. “Laju Pertumbuhan Penduduk.” Malang. Bkkbn.Laju.Pertumbuhan.Penduduk.4.Juta.Per.Tahun.Idealnya.2.Juta.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. 2013. “Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013.” Laporan Nasional 2013: 1–384. Hasil Riskesdas 2013.

BPJS Kesehatan. 2016. “BPJS Kesehatan.” Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan: Https://Bpjs-Kesehatan.Go.Id/Bpjs/. Https://Bpjs-Kesehatan.Go.Id/Bpjs/.

Handayani, Desy. 2010. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Alat Kontrasepsi.” Jurnal Kesmadaska 1(1): 56–65.

Suryani, Dwi (2010). “Hubungan Dukungan Suami..., Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2014.” (2007): 18–37.

PRASTIANI, A’AS (2009). “Hubungan Pemakaian Kontrasepsi..., Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2014.” (2002).

Kemenkes RI. 2014. “Situasi Dan Analisis Keluarga Berencana.” Kementerian Kesehatan Republik Indonesia:

Kesehatan, Potiteknik, And K E M Enkes. 2005. “: 1. 2.” : 9–22.

Maulana Et Al. 2015. “Hubungan Dukungan Suami Dengan Pemakaian Alat Kontrasepsi IUD.” Kebidanan: 13–54.

Oesman, Hadriah. 2017. “Pola Pemakaian Kontrasepsi Dan Pemanfaatan Kartu Badan Penyelengara Jaminan Sosial ( Bpjs ) Kesehatan Dalam Pelayanan Keluarga Berencana Di Indonesia The Pattern Of Contraceptive Use And Utilization Of BPJS-Health Card On Family Planning Services In Indon.” Jurnal Kesehatan Reproduksi 8(1): 15–29. Hadriah.Oesman@Gmail.Com.

Pitriana. 2011. “Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Kontrasepsi Suntik.” UNASMAN.

Sari, Eminur Itri. 2016. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya Minat Ibu Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Di BPS Sri Romdhati Semin Gunung Kidul.” Naskah Publikasi Universitas ’Aisyiyahyogyakarta.

Studi, Program Et Al. 2013. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Kotrasepsi Dalam Rahim (Akdr) Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur.”

Salisbury, P. (2016). Family Planning Knowledge,Attitudes Practices In Refugee And Migrant Pregnant And Post-Partum Women On The Thailand Myanmar. Reproductive Health , 2-13.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v5i1.308

Copyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat



Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.