FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEIKUTSERTAAN IBU YANG MEMILIKI ANAK UMUR >9 BULAN-5 TAHUN UNTUK IMUNISASI MR (MEASLES RUBELLA) DI PUSKESMAS SENAPELAN PEKANBARU TAHUN 2019

Sri Agnes Lexi Sri Agnes Lexi

Abstract


Program imunisasi MR (Measles Rubella) yang digalakkan oleh pemerintah di Kota Pekanbaru cakupannya masih rendah yaitu sebanyak 17,13% dari target 95% dan Puskesmas Senapelan adalah cakupan terendah untuk seluruh Puskesmas yang ada di Pekanbaru yaitu 20,1%. Penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang mempengaruhi Keikutsertaan ibu yang memiliki Anak umur 9 bulan hingga 5 tahun  untuk Imunisasi MR di Puskesmas Senapelan Pekanbaru, desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari s/d Juli 2019. Sampel penelitian berjumlah 282 responden menggunakan sampling technique. Analisa data menggunakan Analisis Multivariat. Hasil penelitian didapatkan ada 2  dari 7 variabel yang berhubungan terhadap keikutsertaan ibu yang memiliki anak umur 9 bulan hingga 5 tahun untuk Imunsasi MR yaitu keyakinan dan peran petugas kesehatan. Ibu yang memiliki keyakinan  tidak mau anaknya diimunisasi lebih beresiko 27 kali tidak ikut serta untuk imunisasi, dan Ibu yang tidak mendapatakan promosi pelayan dari petugas kesehatan lebih beresiko 7 kali tidak ikut serta untuk imunisasi. Diharapkan kepada Dinas Kesehatan untuk menggalakan atau memperbanyak informasi terkait dampak anak tidak di imunisasi MR di media sosial, agar masyarakat tidak takut lagi untuk diimunisasi. Selain itu pihak puskesmas bekerja sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, stake holder, untuk ikut turun mayakinkan masyarakat bahwa imunisasi MR baik untuk kesehatan ibu dan anak.


Keywords


Anak, Faktor- Faktor, Imunisasi MR, keikutsertaan Ibu

Full Text:

PDF

References


CDC, C. F. D.. Vaksin MMR ( Measles , Mumps , dan Rubella ): yang perlu anda ketahui. Lembar Informasi Vaksin. 2018 h: 1-3

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Rangkuman data Imunisasi MR Pekanbaru. 2018.

Ditjen P2P, K. R . Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi Measles Rubella. 2017.

Direktorat Surveilans Dan Karantina Kesehatan Tahun 2017 Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2017.

Effendy. Keperawatan Keluarga. Jakarta : EGC. 2005.

Firman, F. & Hermansyah, H. Kesuksesan program vaksin rubella di sekolah menurut perspektif stakeholder: studi kasus implementasi program rubella di kabupaten Nias. Berita Kedokteran Masyarakat. 2018

Gahara, E,. Saftarina, F. Lisiswanti, R. &Dewiarti, A. N. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dan Status Ekonomi dengan Kelengkapan Imunisasi Wajib Pada Anak usia 0-12 bulan di Puskesmas Sawah. Majority., Volume 4 No 9. 2015.

Harmasdiyani. The Influence Of Mother’s Characteristics Toward Basic Complete Immunization Non-Compliance For Children Under-Two-Years Vol 3. No 3. 2015.

IDAI. Imunisasi Campak-Rubella (MR). tersedia dari http://www.idai.or.id/artikel/klinik/ imuni asi/imunisasi-campak-Rubellamr. 2017. [Accesed : 11 Agustus 2018]

Imunisasi, P., & Rubella, M. Pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap tingginya penolakan imunisasi mr. 2018.

Kantohe, T. V. M., Rampengan, N. H., & Mantik, M. F. J. Faktor-faktor yang memengaruhi minat imunisasi Measles Rubella (MR) di kecamatan Malalayang, Manado. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi (JMR). 2019.h: 1-6.

Kartasura, D. I. P. Hubungan Informasi Yang Diterima Ibu Dari Media Promosi. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/148619170.pdf. 2018.

Kemenkes RI. Kampanye imunisasi measles rubella (mr). Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR). 2018.

Mitra. Manajemen & Analisis Data Kesehatan. (A. A. C, Ed.). Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2015.

Najah, L. Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Tambahan Mr (Measles Rubella) Pada Balita Di Puskesmas Kotagede I Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Tambahan Mr (Measles Rubella) Pada. Studi, Program Pendidik, Bidan Diploma, Jenjang Kesehatan, Fakultas Ilmu. 2017.

Prabandari, G. M., Musthofa, S. B., & Kusumawati, A. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Penerimaan Ibu Terhadap Imunisasi Meales Rubella pada Anak SD di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2018. h: 573–581.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v5i2.515

Copyright (c) 2019 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.