PERAN EDUKASI KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG STUNTING: STUDI LITERATURE REVIEW
Abstract
Stunting merupakan permasalahan gizi yang harus diselesaikan, stunting terjadi akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang berdampak pada pertumbuhan fisik serta kognitif anak. Penurunan prevalensi kejadian stunting menjadi prioritas di Indonesia dengan target 14% pada tahun 2024. Remaja, khususnya remaja putri, memiliki peran penting sebagai calon ibu yang bertanggung jawab atas pemenuhan gizi anak di masa depan. Dengan memberikan pemahaman pengetahuan kepada remaja putri, maka akan berdampak jangka panjang terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau artikel yang membahas mengenai peran edukasi kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri dalam pencegahan stunting. Metode yang digunakan adalah literature review yang dipilih dari berbagai database berupa Pubmed, Google Scholar dan Semantic Scholar dengan rentang 2019-2024. Kata kunci yang digunakan adalah pengetahuan, remaja dan stunting. Setelah dilakukan evalusi, didapatkan 7 artikel yang relevan. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang stunting pada remaja putri dipengaruhi oleh variasi penggunaan media dan pemberdayaan remaja. Sehingga, pemberian edukasi yang inovatif dan pemberdayaan remaja merupakan solusi dalam mencegahan stunting sejak dini untuk menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas.
Keywords
Full Text:
PDF
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v11i1.5981
Article Metrics
Abstract views : 686 times |
PDF - 326 times
Alamat Penyunting & Distribusi:
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: jkesmanfkm@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:

J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







