ANALISIS PERSONAL HYGIENE DAN KONDISI SANITASI NARAPIDANA PADA LAPAS KLAS IIB CIANJUR

irman raka firmansyah irman raka firmansyah

Abstract


Lingkungan yang sehat merupakan suatu keseimbangan ekologi yang harus terdapat antara manusia dan lingkungan agar terjaminnya keadaan yang sehat dari manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan personal hygiene dan kondisi sanitasi yang terdapat di Lapas Klas IIB Cianjur. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatanfenomenologi yaitu dengan melakukan serta Interview dengan 10 informan, dimana 2 informan utama merupakan dlam melakukan Interview yaitu petugas kesehatan poliklinik dan kasibinadik, penelitian dilaksanakan mulai dari 29 Januari hingga 25  Februari 2020 di Lapas Klas IIB Cianjur. Hasil penelitian menunjukan hasil analisis terkait kondisi personal hygiene dan kondisi sanitasi narapidana di Lapas Klas IIB Cianjur dapat ditarik kesimpulan bahwa dari segi personal hygiene pada setiap individu narapidana sudah baik dalam kebersihan tangan dan kuku, kebersihan berpakaian, handuk dan kebersihan tempat tidurnya. Dan dari segi kondisi sanitasi air bersih,sampah dan jamban sudah cukup baik dan kebersihannya selalu dijaga oleh mereka dengan mengadakan sistem piket harian dalam menjaga kebersihan kamar pada setiap bloknya. Penulis menyarankan kepada petugas Lapas Klas IIB Cianjur agar lebih meningkatkan pengawasan lagi pada setiap pengawasan terhadap kebersihan pada setiap bloknya, serta melakukan penuluhan kesehatan untuk personal hygiene dan kebersihan lingkungan sanitasi agar meningkatkan kesadaran pada narapidana bahwa kebersihan harus selalu terjaga agar mereka tidak mudah terserang penyakit.

 


Keywords


Kata Kunci: Personal hygiene, Sanitasi, Lembaga Pemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Hermawan Y. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Lingkungan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Pelaksanaan Kesehatan Lingkungan Smp Negeri Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Bumi Lestari. 2013;13(1):166–73.

Kesehatan F, Sam M. GAMBARAN KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TONGKAINA TAHUN 2018 PENDAHULUAN Upaya kesehatan lingkungan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat , baik fisik , kimia , biologi dan sosial. 2018;7(5).

Menkumham. Permenkumhan RI Nomor 13 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Resmi, Asimilasi, Cuti, Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat. Kemenkumham. 2018;Nomor 3(282):1–86.

Pemasyarakatan SD. Jumlah Narapidana per Januari 2020. 2020.

Guntur K. GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP ABSTRAK penduduk dengan akses jamban sehat belum sesuai target , hal ini dipengaruhi beberapa faktor DESCRIPTION OF FACTORS AFFECTING TOWARDS COVERAGE OF HEALTHY. 2018;8(1):56–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.604

Copyright (c) 2020 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.