HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN NARAPIDANA PADA RUTAN KELAS II B MAJENE

Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Konsep diri merupakan konseptualisasi individu terhadap dirinya sendiri secara langsung konsep diri ini berpengaruh terhadap harga diri serta perasaan seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri terbagi menjadi 2 yakni konsep diri positif dan konsep diri negatif ketika individu memiliki konsep diri yang positif maka kecemasannya akan rendah sedangkan ketika individu memiliki konsep diri yang negatif maka kecemasannya akan tinggi. Narapidana merupakan individu yang  kehilangan kebebasan dimana narapidana mengalami kecemasan yang cenderung depresi akibat ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan narapidana. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study dengan metode Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah  kuesioner dengan Skala likers dan   Skala HARS. Sampel dalam penelitian sebanyak 57 orang narapidana. Berdasarkan hasil analisis Chi Square menunjukkan bahwa hipotesis yang diuji dalam penelitian ditolak dengan nilai signifikan sebesar  0,671 yang berarti lebih besar dari 0,05 (p > 0,05). Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan narapidana pada Rutan Kelas II B Majene. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan faktor-faktor terkait konsep diri sekaligus menambah sampel untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.

Keywords


Self Concept, Anxiety, Inmate

Full Text:

PDF

References


Adriawati, S. (2012). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Narapidana Menghadapi Masa Depan Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang. Skripsi .

Amelia, K. (2010). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Menghadapi Masa Pembebasan Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Pekan Baru. Skripsi .

Ekajaya, D. S. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Narapidana Menjelang Bebas Di Lembaga Pemasyarakatan Klas Ii A Muaro Padang. Psyche .

Fitrotussalamah. (2016). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Narapidana Remaja Di Lpka Kelas I Blitar Menjelang Bebas. Skripsi .

Frans, H. (2014). Kecemasan Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas Ii A Way Hui Bandar Lampung. Skripsi .

ICJR (2019). Data Institute For Criminal Justice Reform.

Kanwil. (2019). Data Terakhir Jumlah Penghuni Per-Upt Pada Kanwil.

Kusumaningsih, L. (2017). Penerimaan Diri Dan Kecemasan Terhadap Status Narapidana. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah .

Kusumawati, F., & Hartano, Y. (2011). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Nugroho, H. (2015). Hubungan Konsep Diri Dan Kecemasan Narapidana Menjelang Bebas Di Lembaga

Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 6, No. 1, Tahun 2020 p-ISSN: 2442-8884 / e-ISSN: 2541-4542

DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1

Pemasyarakatan Kelas Ii A Wirogunan Yogyakarta. Skripsi .

Potter, P., & Perry, A. (2010). Fundamental Keperawatan, Edisi 7 Buku 2. Jakarta: Salemba Medika.

Putra, R. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Narapidana Pria Kasus Narkotika Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii A Padang. Psyche .

Salim, S. U. (2016). Gambaran Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Wbp Menjelang Bebas Di Lp Wanita Kelas Ii A Bandung. Ilmu Keperwatan .

Stuart, G. (2009). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: Egc.

Utami, W. (2018). Pengaruh Persepsi Stigma Sosial Dan Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Narapidana . An-Nafs , 183-270.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.651

Copyright (c) 2020 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.