EFEKTIFITAS MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SANITASI DASAR DI SDN 01 WONOSOCO UNDAAN KUDUS

David Laksamana Caesar David Laksamana Caesar

Abstract


Sanitasi dasar adalah sarana minimum yang diperlukan untuk menyediakan lingkungan pemukiman sehat  dengan memenuhi syarat kesehatan yang meliputi penyediaan air bersih, sarana jamban, pembuangan sampah dan pembuangan air limbah. Kondisi sanitasi yang tidak memenuhi syarat kesehatan, memberikan peluang untuk berkembangnya penyakit seperti penyakit kulit, kecacingan, dan bahkan penyakit yang bisa menjadi wabah dan menimbulkan kematian seperti diare, disentri dan lain sebagainya. Guna mencapai derajat kesehatan yang optimal maka perlu adanya program kesehatan secara komprehensif dengan menerapkan strategi promosi kesehatan. Media poster adalah salah satu media yang paling efektif digunakan dalam promosi kesehatan. Peneltian ini bertujuan untuk melihat efektifitas media poster dalam meningkatkan pengetahuan sanitasi dasar di SDN 01 Wonosoco. Jenis penilitian ini adalah eksperimental dengan rancangan penilitian One Group Pretest Posttest. Jumlah sampel dalam penilitian ini 35 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan poster . Analisa bivariat menggunakan Paired Sample T-Test. Skor rata-rata pretest pada pengetahuan Sanitasi Dasar adalah 55,46, sedangkan posttest skor rata rata pengetahuan 88,71. Hasil analisa bivariat menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara sekor pretest dan posttest pada pengetahuan Sanitasi Dasar siswa SDN 01 Wonosoco dengan nilai p value pengetahuan 0,0001 dan dengan nilai prosentase sebesar 59,95. Media poster efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang Sanitasi Dasar di SDN 01 Wonosoco.


Keywords


Media Poster, Pengetahuan, Sanitasi Dasar

Full Text:

PDF

References


Menteri Kesehatan. 2009. Undang-Udang Kesehatan RI. Kementerian Kesehatan. Jakarta

Rusdi. 2003. Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Pola Penyakit Pada Masyarakat Sekitar Daerah Aliran Sungai Citra Mas Kecamaan Pangkajene Kabupaten Pangkep (Skripsi). Universitas Hasanuddin : Makasar

PERMENKES RI NO 13. 2015. Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas.Kementrian Republik Indonesia. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2015, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. 2018. Data dan Informasi Kesehatan Daerah Kabupaten Kudus. Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Kudus.

Putu Fanny Yusita, I Ketut Aryana, I nyoman Gede Suyasa. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Cetak dan Media Elektronik Dalam Promosi Kesehatan Terhadap Penigkatan Pengetahuan dan Perubahan Sikap Siswa SD. Jurnal Kesehatan Lingkungan vol.4 no1,poltekes Denpasar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA: Bandung.

Jumilah J, Jauhari AH, Ridha A. EFEKTIFITAS MEDIA POSTER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN GIGI (Studi pada siswa-siswi kelas V SD Negeri di Kelurahan Saigon). Jumantik. 2017 Jan 23;1(02).

Notoatmodjo, Soekidjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta: Jakarta.

Maulana HD, Sos S. Promosi kesehatan. Egc.

Purniawan AE. Efektifitas Media Poster Dan Audio Visual (Video) Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Tb Paru (Studi Di Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati). Skripsi. 2016 Oct 11.

Caesar DL, Dewi ER. Pengaruh Media Buku Saku Terhadap Pengetahuan Tentang Sanitasi Lingkungan Pada Kader Kesehatan Desa Cranggang. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama. 2018 Aug 28;6(1):137-46.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/jkesmas.v6i1.655

Copyright (c) 2020 J-KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Penyunting & Distribusi:

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung B3. Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: jkesmanfkm@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/jikm/index

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar

Indexed by:

           

   

Member of:

 

 

Creative Commons License
J-Kesmas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.