STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN MAMUJU

Masyhadiah Masyhadiah

Abstract


This study aims to investigate the communication strategy of the Department of Tourism and Culture in developing and promoting tourism in Mamuju Regency, as well as to find out the impact of communication strategies. This study uses a mixed method of sequential exploration design which means producing descriptive data related to tourism development in Mamuju Regency. Data is collected through observation, interviews and documentation. Data were analyzed using Miles and Huberman analysis, SWOT analysis, and frequency tables. The results showed that in the framework of developing tourism, the Office of Tourism and Culture had sought to provide tourism infrastructure and facilities at each tourist site, partnering with the private sector, empowering local residents by forming tourism awareness groups, and Mamuju community youth. Promotions are also used such as public relations or publicity, special events and experiences, and direct marketing.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Bungin, Burhan. 2012. Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

¬¬_______. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Kencana

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

_______. 2014. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Erita, Neni. 2015. Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata. Padang: Imam Bonjol Press

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksa.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi kedua belas Jilid 2. Jakarta: PT Indeks

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi: Serba ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nirwandar, Sapta. 2014. Building Wow: Indonesia Tourism and Creative Industry. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pendit, N S. 2003. Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita

Rangkuti, Freddy. 2013. ANALISIS SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian KOMBINASI (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan destinasi Pariwisata; Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava media.

Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi offset.

Unde, Andi Alimuddin. 2015. Televisi & Masyarakat Pluralistik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2016. Pengantar Industri PAriwisata: Tantangan dan Peluang Bisnis Kreatif Edisi Revisi, Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Deepublish

Yoeti, Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

_______. 2006. Tours and Travel Marketing, Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Pradaya Paramita

_______. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradaya Pratama.

Jurnal :

Hanafi, Muhammad. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Pada Objek Wisata Air Panas Hapanasan. Jurnal Jom Fisip Volume 3 No.1 Februari.

Lusianawati, Hayu. 2016. Perencanaan Strategis Komunikasi Pemasaran Wisata Bahari (Studi Kasus Pantai Toronipa-Kendari, Sulawesi Tenggara). Jurnal yang dipresentasikan di Hotel Gammara’ Makassar dalam rangka ISKI. 10 November 2016.

Muliana, I Made Wahyuni, dkk. 2014. Strategi Pengembangan Objek Wisata Arung Jeram di Desa Muncan, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem (Tinjauan Geografi Pariwisata). Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi, FIS Undiksha, Vol. 5. No.1

Supraptini, Nunuk. 2013. Bauran Pemasaran: Strategi Pemasaran Pariwisata di Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Inkoma, Vol. 24. No.1 Februari.

Yahya, Muh. 2015. Potensi Pantai Tete sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bone. Jurnal Kepariwisataan, UPPM Politeknik pariwisata Makassar, Vol. 09. No.2 Agustus 2015.

Dokumen :

Kabupaten Mamuju Dalam Angka BPS 2016.

Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. 2015. Laporan Kinerja Kementrian Tahun 2014. Jakarta

Rencana Strategi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mamuju 2010-2015.

Seri Analisis Wilayah Provinsi Sulawesi Barat 2015.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1990 tentang kepariwisataan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Skripsi/Tesis:

Hakim, Andi Nenni Asmawati. 2016. Promosi Pemasaran Potensi Industri Pariwisata dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Sinjai. Tesis S2. Makassar: UNHAS.

Kamal, Kusnadi. 2009. Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bulukumba. TESIS S2. Makassar: UNHAS

Mansyur, Harifuddin. 2009. Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sinjai. Tesis S2. Makassar: UNHAS.

Maryam, Selvia. 2011. Pendekatan Swot Dalams Pengembangan Objek Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Kabupaten Kendal. SKRIPSI S1. Semarang: UNDIP

Ngintang, Andi Rasdiana Daeng. 2016. Analisis Kesiapan Promosi Kawasan Kars Bantimurung-Bulusaraung sebagai Destinasi Andalan Wisata Alam Kabupaten Maros. Tesis S2. Makassar: UNHAS.

Nurhaidar. 2009. Analisis Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan Pasca Konflik di Kabupaten Poso. Tesis S2. Makassar: UNHAS.

Widyasti, farida Robithoh. 2013. Strategi Promosi Pemasaran Wisata pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung. Skripsi S1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Internet:

http://dispopsulbar.com/area-destinasi-wisata/Mamuju.html, diakses 26 Februari 2017.

http://www.antarasulsel.com/berita/19747/disbudpar-Mamuju-belum-siap-visit-tour-wisata, diakses 26 Februari 2017.

http://www.kompadansamandar.or.id/wisata/Mamuju/550-air-terjun-tammasapi.html, diakses 28 Februari 2017.

https://photo.sindonews.com/view/19311/indahnya-wisata-pantai-manakarra-Mamuju, diakses 26 Februari 2017.

http://beritadaerah.co.id/2014/11/24/rumah-adat-Mamuju/, diakses 27 Februari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v2i1.268

Article Metrics

Abstract views : 1570 times | PDF - 1674 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan  Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

      

Member of:

 

Creative Commons License
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 POSTOTO787 EMAS787 EMAS787 SUNDA787 SUNDA787/ ASIABET777 ASIABET777

situs toto