IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MALUNDA (SMPN4 MALUNDA) KECAMATAN ULUMANDA KABUPATEN MAJENE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi dari implementasi program pendidikan gratis di SMPN 4 Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hal ini dimakusdkan untuk mendapatkan data dan gambaran nyata atas implementasi program pendidikan gratis di SMP Negeri 4 Malunda Kecamatan Ulumanda Kabupeten Majene. Dalam penelitian ini ditemukan fakta bahwa Implementasi Program Pendidikan Gratis di SMP Negeri 4 Malunda Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene telah membebaskan biaya pendidikan bagi peserta didik yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Program Pendidikan Gratis tidak sepenuhnya menggratiskan semua biaya pendidikan diantaranya adalah pembayaran untuk pengambilan baju batik dan baju olahraga karena itu masuk dalam Biaya Operasional Sekolah. Diluar daripada itu tidak ada lagi pembayaran yang berkaitan dengan proses pembelajaran, melainkan memberikan biaya bagi siswa dalam bentuk beasiswa miskin.
The purpose of this study was to obtain a description of the implementation of the free education program at SMPN 4 Ulumanda District, Majene Regency. The research methodology used in this study is a qualitative descriptive method. This is intended to obtain data and a real picture of the implementation of the free education program at SMP Negeri 4 Malunda, Ulumanda District, Majene Regency. In this study, it was found that the implementation of the Free Education Program at SMP Negeri 4 Malunda, Ulumanda District, Majene Regency had educational costs for students related to the learning process. The Free Education Program does not completely eliminate all educational costs including payments for taking batik clothes and sports clothes because they are included in School Operational Costs. Apart from that, there are no more payments related to the learning process, but instead provide costs for students in the form of poor scholarships.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Busyairi, A., & Hamjah, B. 2020. PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENANGANI KEMISKINAN DI ERA MILENIAL (STUDI KASUS LOKA LATIHAN KERJA UKM KABUPATEN BIAK NUMFOR) JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 8 (2477–0515), 114–123.
Hasbullah, M, H. 2015. Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, Dan Kondisi Objektif Pendidikan Di Indonesia. In Edisi Ke 1.
Jumadi. (2014). Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN.
Mujianto Solichin. 2015. Implementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi. Studi Islam
Mukhlis Hannan. 2017. PENGAWASAN INSPEKTORAT TERHADAP TUPOKSI CAMAT DI KECAMATAN TAPALANG KABUPATEN MAMUJU. MITZAL, Jurnal Ilmu Pemerintahan & Ilmu Komunikasi
Yanti, S. 2020. Analisis Kebijakan Pendidikan. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies.
Peraturan Perundang-Undangan:
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004, tentang pemerintahan daerah

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.