PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT HEMAT LISTRIK PT. PLN TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN LITRIK DI KELURAHAN WATTANG KECAMATAN POLEWALI

Sri Yuyun, Masyhadiah Masyhadiah, Imra Imra

Abstract


This study aims to determine the effect of electricity saving public service advertisements on community attitudes in the Wattang Subdistrict, Polewali District. This type of research uses a quantitative paradigm with a descriptive approach. The results showed that PT. PLN influences the attitude of the community in the use of electricity in the District of Wattang Polewali District influences the attitude of the community. This is based on the number of responses obtained from 100 respondents. It is also known that the three elements of attitude namely cognitive, affective, and conative have an influence on community attitudes in Wattang Sub-District, Polewali District.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: BinaAksara.

Bulaeng, Andi. 2004. Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta: Andi

Bungin, Burhan. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis

_______. 2005. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantarilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djuarsa, Sasa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Effendy, OnongUchjana. 2003. Ilmu, Teoridan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

_______. 2006. Ilmu Komunikasi: Teoridan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Iskandar. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press.

Jurusan Ilmu Komunikasi. 2005. Pedoman Penyusunan Skripsi. Makassar: Hasanuddin University Press.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Naim, Ngainun. 2011. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzzmedia.

Nawawi, Hadari. 2000. Metode PenelitianKomunikasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

_______. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahkmat. Jalaluddin. 1998. Teori Komunikasi Massa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______.2004. Teori Komunikasi Massa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roger. M. 1995. Pengantar Komunikasi. Yogyakarta: GaungPersada Press

Sastropoetro, Santoso, 1990. Komunikasi Sosial. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Singarimbun, Masridan Sofian Efendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.

Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. 1 Edition. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

_______. 2004. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. 2 Edition. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Widjaja, H.A.W. 1986. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_______. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v3i2.419

Article Metrics

Abstract views : 339 times | PDF - 1238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan  Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

      

Member of:

 

Creative Commons License
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 POSTOTO787 EMAS787 EMAS787 SUNDA787 SUNDA787/ ASIABET777 ASIABET777