IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DESA MOSSO KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan layanan informasi bagi Pemerintahan Desa salah satu terobosannya adalah dengan menggunakan sistem informasi berbasis IT yang bermanfaat untuk mendukung efektivitas pelayanan dan memudahkan dalam pengolahan Data supaya bisa lebih efektif dan efisien, Tujuan kajian ini adalah untuk melihat Implementasi kebijakan teknologi informasi dalam pelayanan public Desa dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, struktur birorasi, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sebagai upaya untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai Implementasi kebijakan teknologi informasi dan komunikasi pelayanan public di Desa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1) aspek komunikasi , sudah sangat jelas dan dapat meningkatkan konsistensi dan pengembangan. 2. Aspek sumberdaya sudah memadai meskipun Pada tanggung jawab implementator belum berjalan karena aturan yang ada masih lemah 3. Aspek disposisi sudah berjalan karena adanya dari dukungan dari pihak pemerintah dalam Implementasi kebijakan teknologi informasi dalam pelayanan public di Desa, 4 struktur birokrasi belum dapat terlaksana karena adanya hambatan penerapan dan pemberlakuan SOP dalam setiap program.
Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Pelayanan, Pablik TIK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
ADB (2011). e-Government
Capa¬bility Ma¬turity Model: Improving Public Services through Information and Communi¬catio Technology. diunduh Dari http://www.unap-cict.org/ecohub/e- Govern-ment-capability-maturity-model
Apriyansyah, Maull¬idina, I.,
&Purnomo, E.
(2019).
Efektivitas Sis¬tem Informasi Desa (SID) Da-lam Bekti, Bintu Humairah. (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI.
Charalabidis Y., Gionis G., Lam¬
pathaki F.,Askounis D., Metaksiotis K. (2006),Organis¬ing Municipal
e-Government Systems: A Multi-Facet Taxonomy of eServices for¬Citizens and Businesses, Desa Cukur¬gon-dang Kecamatan Grati Ka-bupaten Pasuruan. diunduh dari http://li-brary.um.ac.id/free- con-tents/index.php/ pub/ de-tail/kinerja-birokrasi-desa-dalam-meningkatkan-pela-yanan-umum-di-desa-cukur-gon¬dang-kecamatan-grati-kabupaten-pasuruan-mega-clara-lulita- 48942.html di-akses Rabu, 06 Februari 2013
Heeks, Richard. 2001b. Understand¬
ing e-Gov¬ernance for
Development. i-Government Work¬ing Paper Series, Paper No. 11, Institute for Development Policy and Management, University of Manchester, Manches-ter,UK (http://www.man.ac.uk/idpm/idpm_dp.h
Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatus Negara nomor:
/KEP/M.PAN/7/2003ten-tang Pedoman Umum Penye-lengaraan Pela¬yanan Publik
Lulita, M. C. (2011). Kinerja
birokrasi desa da¬ lam
meningkatkan pelayanan
umum
Mazmanian, D.A and Sabatier, P.A.
Im¬plementation and public pol¬icy Lon-don:Scoot,Foresman and company Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Ka¬bu¬paten Bantul. Jurnal Analisis Ke¬bijakan dan Pelayanan Publik, 4(1), 10-24. Subar¬sono. (2020). Analisis Ke¬bijakan Publik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyapradana, A. Anjarini, D, A,
Harnoto (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan di PT Tempo
Cabang Te¬gal Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah
Peraturan Pemerintah Republik
Indo¬nesia No¬mor 72 Tahun 2005 Ten¬tang Desa Kepuasan Pelang¬gan di PT Tempo Cabang Tegal Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah
Peraturan Pemerintah Republik
Indo¬nesia No¬ mor 72 Tahun 2005 Tentang Desa
Peratuarn Kepmenpan No. 63, th 2003 tentang Sarana teknologi dan pen-dukungnya merupakan fokus dari pelayanan yang berbasis IT
Peraturan Menteri Dalam Negeri
No¬mor 62 Ta¬hun 2008 tentang jenis pe¬layanan publik yang
dilakukan Pemerintah Desa
Prof. Dr. Sugiyono,Metode Penelitian
Kuanti¬tatif kualitatif dan R&D. ©2013, Penerbit Alfabeta, Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v9i2.5766
Article Metrics
Abstract views : 50 times | PDF - 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.