IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DESA MOSSO KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Kamaluddin Kamal Kamal

Abstract


ABSTRAK

Untuk meningkatkan layanan informasi bagi Pemerintahan Desa salah satu terobosannya adalah dengan menggunakan sistem informasi berbasis IT yang bermanfaat untuk mendukung efektivitas pelayanan dan memudahkan dalam pengolahan Data supaya bisa lebih efektif dan efisien, Tujuan kajian ini adalah untuk melihat Implementasi kebijakan teknologi informasi dalam pelayanan pub­lic Desa dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, struktur birorasi, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sebagai upaya untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai Implementasi kebijakan teknologi informasi dan komunikasi pelayanan public di Desa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1) aspek komunikasi , sudah sangat jelas dan dapat meningkatkan konsistensi dan pengembangan. 2. Aspek sumberdaya sudah memadai meskipun Pada tanggung jawab implementator belum berjalan karena aturan yang ada masih lemah 3. Aspek disposisi sudah berjalan karena adanya dari dukungan dari pihak pemerintah dalam Im­plementasi kebijakan teknologi infor­masi dalam pelayanan public di Desa, 4 struktur birokrasi belum dapat terlaksana karena adanya hambatan penerapan dan pemberlakuan SOP dalam setiap program.

Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Pelayanan, Pablik TIK


Keywords


Implementasi, Kebijakan, IT, Pelayanan Pablik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

ADB (2011). e-Goverment Capability Maturity Model: Improving

Public Services through Information and Communication Technology. diunduh Dari http://www.unap-cict.org/ecohub/e- Govern¬ment-capability-maturity-model

Apriyansyah, Maullidina, I., & Purnomo, E. (2019). Efektivitas Sistem

Informasi Desa (SID) Dalam Bekti, Bintu Humairah. (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI

Charalabidis Y., Gionis G., Lampathaki F. Askounis D., Metaksiotis K.

(2006), Organising Municipal e-Government Systems: A Multi-Facet Taxonomy of eServices for Citizens and Businesses, Desa Cukurgondang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. diunduh dari http://li-brary.um.ac.id/freecontents/index.php/ pub/ detail/kinerja-birokrasi-desa-dalam-meningkatkan-pela-yanan-umum-di-desa-cukurgondang-kecamatan-grati-kabupaten-pasuruan-mega-clara-lulita- 48942.html diakses Rabu, 06 Februari 2013

Heeks, Richard. 2001b. Understand¬ing e-Governance for Development.

iGovernment Working Paper Series, Paper No. 11, Institute for Development Policy and Management, University of Manchester, Manchester,UK (http://www.man.ac.uk/idpm/idpm_dp.h

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara nomor:

/KEP/M.PAN/7/2003ten¬tang Pedoman Umum Penyelengaraan Pelayanan Publik

Lulita, M. C. (2011). Kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan

pelayanan umum

Mazmanian, D.A and Sabatier, P.A. 1983. Implementation and

public policy London: Scoot, Foresman and company Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, 4(1), 10-24. Subarsono. (2020). Analisis Kebijakan Publik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyapradana, A. Anjarini, D, A, Harnoto (2023). Pengaruh Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah

Peraturan Pemerintah Republik Indo¬nesia No¬mor 72 Tahun 2005

Tentang Desa Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal.Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005

Tentang Desa

Peraturan Kepmenpan No. 63, th 2003 tentangSarana teknologi dan pendukungnya merupakan fokus dari pelayanan yang berbasis IT

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2008 tentang jenis

pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Desa

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. ©2013,

Penerbit Alfabeta, Bandung.

UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa Vintar, M, M Kunstelj, A Leben – 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v9i2.5766

Article Metrics

Abstract views : 54 times | PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan  Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038

Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

      

Member of:

 

Creative Commons License
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 POSTOTO787 EMAS787 EMAS787 SUNDA787 SUNDA787/ ASIABET777 ASIABET777