IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DESA MOSSO KECAMATAN BALANIPA KABUPATEN POLEWALI MANDAR
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan layanan informasi bagi Pemerintahan Desa salah satu terobosannya adalah dengan menggunakan sistem informasi berbasis IT yang bermanfaat untuk mendukung efektivitas pelayanan dan memudahkan dalam pengolahan Data supaya bisa lebih efektif dan efisien, Tujuan kajian ini adalah untuk melihat Implementasi kebijakan teknologi informasi dalam pelayanan public Desa dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, struktur birorasi, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sebagai upaya untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai Implementasi kebijakan teknologi informasi dan komunikasi pelayanan public di Desa, Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1) aspek komunikasi , sudah sangat jelas dan dapat meningkatkan konsistensi dan pengembangan. 2. Aspek sumberdaya sudah memadai meskipun Pada tanggung jawab implementator belum berjalan karena aturan yang ada masih lemah 3. Aspek disposisi sudah berjalan karena adanya dari dukungan dari pihak pemerintah dalam Implementasi kebijakan teknologi informasi dalam pelayanan public di Desa, 4 struktur birokrasi belum dapat terlaksana karena adanya hambatan penerapan dan pemberlakuan SOP dalam setiap program.
Kata kunci: Implementasi, Kebijakan, Pelayanan, Pablik TIK
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
ADB (2011). e-Goverment Capability Maturity Model: Improving
Public Services through Information and Communication Technology. diunduh Dari http://www.unap-cict.org/ecohub/e- Govern¬ment-capability-maturity-model
Apriyansyah, Maullidina, I., & Purnomo, E. (2019). Efektivitas Sistem
Informasi Desa (SID) Dalam Bekti, Bintu Humairah. (2015). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI
Charalabidis Y., Gionis G., Lampathaki F. Askounis D., Metaksiotis K.
(2006), Organising Municipal e-Government Systems: A Multi-Facet Taxonomy of eServices for Citizens and Businesses, Desa Cukurgondang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. diunduh dari http://li-brary.um.ac.id/freecontents/index.php/ pub/ detail/kinerja-birokrasi-desa-dalam-meningkatkan-pela-yanan-umum-di-desa-cukurgondang-kecamatan-grati-kabupaten-pasuruan-mega-clara-lulita- 48942.html diakses Rabu, 06 Februari 2013
Heeks, Richard. 2001b. Understand¬ing e-Governance for Development.
iGovernment Working Paper Series, Paper No. 11, Institute for Development Policy and Management, University of Manchester, Manchester,UK (http://www.man.ac.uk/idpm/idpm_dp.h
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara nomor:
/KEP/M.PAN/7/2003ten¬tang Pedoman Umum Penyelengaraan Pelayanan Publik
Lulita, M. C. (2011). Kinerja birokrasi desa dalam meningkatkan
pelayanan umum
Mazmanian, D.A and Sabatier, P.A. 1983. Implementation and
public policy London: Scoot, Foresman and company Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, 4(1), 10-24. Subarsono. (2020). Analisis Kebijakan Publik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mulyapradana, A. Anjarini, D, A, Harnoto (2023). Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah
Peraturan Pemerintah Republik Indo¬nesia No¬mor 72 Tahun 2005
Tentang Desa Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal.Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005
Tentang Desa
Peraturan Kepmenpan No. 63, th 2003 tentangSarana teknologi dan pendukungnya merupakan fokus dari pelayanan yang berbasis IT
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2008 tentang jenis
pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Desa
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. ©2013,
Penerbit Alfabeta, Bandung.
UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa Vintar, M, M Kunstelj, A Leben – 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v9i2.5766
Article Metrics
Abstract views : 54 times | PDF - 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan Universitas Al Asyariah Mandar
Telp./Fax (0428) 21038
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.