KOMUNIKASI VISUAL DAN BRANDING DESTINASI: TINJAUAN LITERATUR TERHADAP PENGGUNAAN INSTAGRAM DALAM PROMOSI WISATA KULINER
Abstract
ABSTRACT
This research aims to analyze the role of Instagram in culinary tourism promotion. Employing a literature review approach, this study examines various effective visual communication strategies, the utilization of user-generated content (UGC), the importance of brand consistency, and the effectiveness of food vloggers and endorsements. The results indicate that Instagram is a significant platform for culinary promotion. Appealing content visualization, strong narratives, audience interaction, and UGC are proven to enhance brand awareness and visit intention. Visual consistency and the selection of appropriate vloggers also play a crucial role. This research concludes that a deep understanding of Instagram strategies can help culinary tourism destinations maximize their promotional potential.
Keywords: Instagram, Visual Communication, Culinary Tourism, Branding, Promotion
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Instagram dalam promosi wisata kuliner. Dengan pendekatan studi literatur, penelitian ini mengkaji berbagai strategi komunikasi visual yang efektif, pemanfaatan user-generated content (UGC), pentingnya konsistensi brand, serta efektivitas food vlogger dan endorsement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram adalah platform yang signifikan untuk promosi kuliner. Visualisasi konten yang menarik, narasi yang kuat, interaksi audiens, dan UGC terbukti meningkatkan brand awareness dan minat kunjungan. Konsistensi visual dan pemilihan vlogger yang tepat juga berperan penting. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman mendalam tentang strategi Instagram dapat membantu destinasi wisata kuliner memaksimalkan potensi promosi mereka.
Kata Kunci: Instagram, Komunikasi Visual, Wisata Kuliner, Branding, Promosi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
• Aboalganam, K. M., AlFraihat, S. F., & Tarabieh, S. (2024). The Impact of User-Generated Content on Tourist Visit Intentions: The Mediating Role of Destination Imagery. Administrative Sciences, 15(1), 117.
• Afina Dianastuti, W. (2014). Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi Kuliner Kota Semarang (Studi Kasus pada Komunitas Online @jakulsemarang).
• Arifrahara, G. (2020). Visual Communication Morphology Study in Stall Banner of Street Vendors in Lamongan. Advances In Social Science, Education And Humanities Research, 391, 75-79.
• Ariffudin Islam, M. (2018). Konsistensi Identitas Visual: Kajian Visual Branding Media Publikasi Borobudur. JESKOVSIA (Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia), 2(2).
• Fadilla, A. N., Syarief, A., & Mustikadara, I. S. (2014). Strategi Komunikasi Visual Kegiatan Window Farming sebagai Alternatif Berkebun Lahan Sempit pada Hunian Vertikal. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 221-227.
• Fitriani, S. N., Besar, I., Rahma Dea, P., Swastika, V., & Christiane, P. P. (2024). Peran Instagram sebagai Media Promosi Pariwisata & Kuliner di Provinsi Lampung (Studi pada akun Instagram @Riobythebeach & Seruitbuklin). Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 4(2), 1-11.
• Fusté-Forné, F., & Filimon, N. (2025). From post to table: The social media marketing of food tourism. International Journal of Gastronomy and Food Science, 39, 101107.
• Hasibuan, D. A., & Alfikri, M. (2022). Culinary Endorsement Communication Strategy on Instagram Account @taukotembung. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(3).
• Ikhsan, T. R. T., & Sarjono. (2024). Perancangan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Wisata Kuliner Karesidenan Bojonegoro. CITRA DIRGA: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia.
• Ismarizal, & Kusumah, A. H. G. (2023). The Instagram Effect on Tourist Destination Choices: Unveiling Key Attraction Elements. Journal of Consumer Sciences, 8(2), 124-137.
• Liang, M., Abu Bakar, A. Z. B., Che Ishak, F. A. B., & Ab Karim, S. (2023). A Review on Social Media as a New Venue for Promoting Culinary Destinations. The Journal Gastronomy Tourism, 10(2), 181-194.
• Mahagitadewi, D. M., Ariesta, I. G. B. B. B., & Pratama, I. G. Y. (2024). Perancangan Visual Branding Desa Wisata Kelecung Eco Village Tabanan. JURNAL SELARAS RUPA, 5(1), 48-56.
• Michael, N., & Fusté-Forné, F. (2022). Marketing of luxurious gastronomic experiences on social media: The visual storytelling of luxury hotels. International Journal of Tourism Research, 24(6), 827-838.
• Safitri, L. A., Pradiatiningtyas, D., & Dewa, C. B. (2024). Pengaruh Food Vlogger dan Promosi Endorse Media Sosial pada Brand Exposure Wisata Kuliner Klaten. Jurnal Pariwisata (Journal of Tourism), 28(3), 13-22.
• Syaifillah, F., & Amaranggana, K. (2024). Pemanfaatan Akun Instagram @DARIHALTE_KEHALTE sebagai Media Promosi Wisata Kuliner.
• Sinaga, D. L. P., Rossi, F. N., & Firmansyah, R. (2024). Pemanfaatan Platform Instagram @desawisatasayan Sebagai Media Promosi di Desa Wisata Sayan. Jurnal ALTASIA, 6(1), 75-84.
• Suyanto, B., & Rahmanita. (2024). Pemetaan Pemangku Kepentingan: Analisis Visual Branding Untuk Meningkatkan Keterlibatan Masyarakat Di Kota Cirebon. Dimensi, 20(2), 249-256.
• Utami, A. R., & Widiati, E. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Kuliner Bogor [The Use Of Social Media As A Promotion Το Increase The Attractiveness Of Bogor Culinary Tourism]. Business Management Journal, 19(2), 199-208.
• Valiansyah, F., & Fadilla, A. N. (2020). Perancangan Visual Brand communication Kota Singkawang. Citradirga : Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 2(2), 13-23.
• Wulandari, S., Widyasari, Setiawan, B., Raihan Iqbal, M., & Kamal, M. (2024). Optimalisasi Visual Branding Destinasi Wisata Kampung Jambangan Surabaya Melalui Buku Visual Fotografi. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies), 9(2).
• Yamagishi, K., Canayong, D., Domingo, M., Maneja, K. N., Montolo, A., & Siton, A. (2024). User-generated content on Gen Z tourist visit intention: A stimulus-organism-response approach. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 7(4), 1949-1973.
• Zahraal, Y. A., & Nurhaqiqi, H. (2024). Marketing Communication Strategy in the Instagram Account @BJN.Foodies as a Culinary Promotion Media in Bojonegoro City. Al-I'lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 8(1), 112-122.
• Zeng, B., & Gerritsen, R. (2014). What do we know about social media in tourism? A review. Tourism Management Perspectives, 10, 27-36.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.