MODEL TRANSFORMASI BERBASIS NILAI LOKAL DALAM PENGUATAN TRIDHARMA DI PERGURUAN TINGGI SWASTA DAERAH (Studi Kasus Universitas Al Asyariah Mandar Menuju Kampus Berdampak)

Muhammad Syibli Sahabuddin

Abstract


Artikel ini menganalisis transformasi Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) dalam merespons kebijakan nasional “Kampus Berdampak” yang menekankan peran aktif perguruan tinggi dalam menyelesaikan persoalan nyata masyarakat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kepustakaan, artikel mengeksplorasi strategi integratif berbasis nilai-nilai budaya lokal Mandar dalam tridharma perguruan tinggi. Hasil kajian menunjukkan bahwa penguatan sinergi antara kurikulum transformatif, riset aplikatif, dan pengabdian kontekstual dapat menjadikan Unasman sebagai prototipe kampus berbasis lokal yang relevan dan berkelanjutan. Implementasi transformasi memerlukan roadmap strategis, restrukturisasi kelembagaan, serta partisipasi aktif sivitas akademika dan mitra eksternal. Artikel ini menegaskan pentingnya pendekatan budaya sebagai instrumen peningkatan daya saing dan relevansi sosial kampus di wilayah Sulawesi Barat.

Keywords


Kampus Berdampak; Kearifan Lokal; Pendidikan Tinggi; Tridharma Perguruan Tinggi; Transformasi Kelembagaan

Full Text:

PDF

References


Agbedahin, A. V. (2019). Sustainable development, Education for Sustainable Development, and the 2030 Agenda for Sustainable Development: Emergence, efficacy, eminence, and future. Sustainable development, 27(4), 669-680.

Bates, A. W. (2015). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning. BCcampus.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Faisal, S. (1990). Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan aplikasi. Ya3.

Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374-386). Routledge.

Mattulada. (1985). Latoa: suatu lukisan analitis terhadap antropologi politik orang Bugis.

Moeliodihardjo, B. Y. (2014). Higher education sector in Indonesia. Jakarta British Council, 16.

Tamsil, A. (2019). Representasi Nilai-Nilai Pappasang Di Tanah Mandar (Studi Hermeneutika Fenomenologi) (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Tilaar, H. A. R., & Mukhlis. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.

Kurniasari, S., Yunus, M., Hunggaita, N. A., Sugianti, S., Ali, A. P. R. E., Ismail, A., ... & Habibi, M. A. A. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 sebagai Wujud Kontribusi Belajar sambil Berdampak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 17-27.

Abas, E., Djafar, T., Ayu, J. D., Rukhmana, T., Vanchapo, A. R., & Rudiansyah, R. (2023). Analisis Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Kepuasan Dosen Terhadap Pendidikan Di Universitas Raden Intan Lampung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2670-2674.

Ulfa, A. Y., Satnawati, S., Mutiah, H., Asra, A. A., & Syam, N. I. (2024). Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Berdampak. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia" Yptk" Padang, 29-36.

Pahrudin, A. (2025). Penguatan Sistem Tata Kelola Pendidikan Tinggi Dari Paradigma Konvensional Ke Transformatif. Crossroad Research Journal, 2(1), 1-21.

Wahyujaya, W., Koesmaryono, Y., & Yulianda, F. (2015). Kajian sistem pembelajaran sebagai upaya peningkatan sistem penjaminan mutu. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1).

Internet

https://kemdiktisaintek.go.id/kabar-dikti/kabar/aktualisasi-kampus-berdampak-sebagai-keberlanjutan-kampus-merdeka/

https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/06/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM-2024.pdf

https://polewalimandarkab.bps.go.id

https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi/index

https://peraturan.bpk.go.id/Details/305767/permendikbudriset-no-55-tahun-2024




DOI: http://dx.doi.org/10.35329/mitzal.v10i1.6138

Article Metrics

Abstract views : 242 times | PDF - 546 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting & Distribusi:

MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar  Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat

Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com

Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal

View Journal | Current Issue | Register

Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar


Indexed by:

      

Member of:

 

Creative Commons License
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

https://ihdn.ac.id/