MODEL TRANSFORMASI BERBASIS NILAI LOKAL DALAM PENGUATAN TRIDHARMA DI PERGURUAN TINGGI SWASTA DAERAH (Studi Kasus Universitas Al Asyariah Mandar Menuju Kampus Berdampak)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agbedahin, A. V. (2019). Sustainable development, Education for Sustainable Development, and the 2030 Agenda for Sustainable Development: Emergence, efficacy, eminence, and future. Sustainable development, 27(4), 669-680.
Bates, A. W. (2015). Teaching in a digital age: Guidelines for designing teaching and learning. BCcampus.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Faisal, S. (1990). Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar dan aplikasi. Ya3.
Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374-386). Routledge.
Mattulada. (1985). Latoa: suatu lukisan analitis terhadap antropologi politik orang Bugis.
Moeliodihardjo, B. Y. (2014). Higher education sector in Indonesia. Jakarta British Council, 16.
Tamsil, A. (2019). Representasi Nilai-Nilai Pappasang Di Tanah Mandar (Studi Hermeneutika Fenomenologi) (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Tilaar, H. A. R., & Mukhlis. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Remaja Rosdakarya.
Kurniasari, S., Yunus, M., Hunggaita, N. A., Sugianti, S., Ali, A. P. R. E., Ismail, A., ... & Habibi, M. A. A. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 sebagai Wujud Kontribusi Belajar sambil Berdampak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 17-27.
Abas, E., Djafar, T., Ayu, J. D., Rukhmana, T., Vanchapo, A. R., & Rudiansyah, R. (2023). Analisis Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Kepuasan Dosen Terhadap Pendidikan Di Universitas Raden Intan Lampung. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2670-2674.
Ulfa, A. Y., Satnawati, S., Mutiah, H., Asra, A. A., & Syam, N. I. (2024). Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 Berdampak. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia" Yptk" Padang, 29-36.
Pahrudin, A. (2025). Penguatan Sistem Tata Kelola Pendidikan Tinggi Dari Paradigma Konvensional Ke Transformatif. Crossroad Research Journal, 2(1), 1-21.
Wahyujaya, W., Koesmaryono, Y., & Yulianda, F. (2015). Kajian sistem pembelajaran sebagai upaya peningkatan sistem penjaminan mutu. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1).
Internet
https://kemdiktisaintek.go.id/kabar-dikti/kabar/aktualisasi-kampus-berdampak-sebagai-keberlanjutan-kampus-merdeka/
https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/06/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM-2024.pdf
https://polewalimandarkab.bps.go.id
https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/sipissangngi/index
https://peraturan.bpk.go.id/Details/305767/permendikbudriset-no-55-tahun-2024

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting & Distribusi:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi
Kantor LPPM Universitas Al Asyariah Mandar Gedung Rektorat Lt 1. Jl. Budi Utomo No.2 Manding. Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat
Email: mitzaljurnalunasman@gmail.com
Website: https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/mitzal
View Journal | Current Issue | Register
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar
Indexed by:
Member of:
MITZAL (Demokrasi, Komunikasi dan Budaya) : Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.